Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiba di Gorontalo, Hamka Hendra Noer Disambut Adat Mopotilolo

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Minggu, 15 Mei 2022 | 18:05 Tag: ,
  Prosesi adat Mopotilolo untuk penyambutan kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama Istri drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Minggu (15/05/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setibanya di Bandara Djalaludin pada Ahad (15/05/2022), Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer bersama istri, Gamaria Purnamawati Monoarfa, mendapatkan sambutan hangat dari jajaran pemerintah provinsi, kabupaten, kota dan masyarakat di Gorontalo. 

Tentunya sebagai pejabat tinggi yang pertama kali datang atau berkunjung ke daerah ‘Serambi Madinah’, Hamka Hendra Noer bersama istri disambut dengan prosesi adat Mopotilolo. 

Prosesi adat Mopotilolo sendiri adalah rangkaian adat dalam rangka menyambut setiap Pejabat Tinggi Negara yang baru pertama kali datang ke Gorontalo. Adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo. Itu dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo). 

Prosesi penyambutan adat Mopotilolo ini diiringi tabuhan gendang adat dan tarian Langga atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Setelah itu prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Hamka dan istri bertugas di Gorontalo. 

Seperti yang diinformasikan Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, sejumlah agenda telah menanti Hamka Hendra Noer di Gorontalo. Senin besok dijadwalkan akan ada penerimaan adat Moloopu di rumah dinas Gubernur. Sebelum Moloopu, untuk Pj Gubernur, Pemprov Gorontalo akan menyelenggarakan prosesi adat Mopotolungo untuk mantan Gubernur Rusli Habibie dan Mantan Wagub Idris Rahim di rumah dinas masing – masing. 

Sebagai informasi, Hamka Hendra Noer yang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) itu, resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50/P/2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur, pada Kamis 12 Mei lalu di Jakarta. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 52 times, 1 visits today)

Komentar