Minggu, 14 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, BUMDes Harus Maksimal 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 21 Juni 2022 | 15:05 Tag: ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Arifin Kilo

Hargo.co.id, GORONTALO – Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan bisa memberikan kontribusi pada pendapatan desa terlebih bagi ekonomi masyarakat menengah ke bawah.   

“Sumber daya manusia, kita punya. Tapi kok banyak laporan sejumlah BUMDes tidak lagi beroperasi, ada juga yang masih beroperasi namun belum memberikan kontribusi pada pendapatan desa,” kata Aleg Arifin Kilo. 

Padahal, menurut dia alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah sangatlah besar. Semestinya dapat diimbangi dengan peningkatan pembangunan daerah tertinggal. 

“Pemerintah ditingkat desa harus mampu mendorong penuh optimalisasi BUMDes agar tujuan meningkatkan kesejahteraan desa bisa tercapai. Tidak boleh tidak, karena pihak desa yang diberikan wewenang penuh mengelola operasional BUMDes,” jelas Arifin. 

Ia menambahkan, menciptakan inovasi, kualitas pengelolaan harus benar-benar baik dan benar, dan tidak bersikap pasif sehingga usaha yang dilakukan melalui BUMDes bisa lebih optimal. Politisi Golkar itu berharap, di tahun 2022 ini bisa tercipta pengelolaan BUMDes yang sehat agar mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan pendapatan desa untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Penguatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan BUMDes sangat penting untuk kemajuan daerah, kita berharap pemerintah desa bisa menggunakan peluang yang ada ini dengan semaksimal mungkin demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar