Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Unjuk Rasa Berujung Bentrok

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Kamis, 8 Februari 2018 | 14:08 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Simpang empat Hunlondalo Indah atau bundara Saronde mendadak kacau ketika ratusan massa aksi dihadang oleh aparat kepolisian yang melakukan pengamanan jalannya pelaksanaan Pilwako 2018.

Pantauan Gorontalo Post sekitar Pukul 08.00 Wita, ratusan massa aksi yang datang dari berbagai arah hendak melakukan protes terhadap putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan pelaksanaan Pilwako. Kedatangan ratusan massa tersebut menuntut agar KPU Kota Gorontalo menganulir putusannya terakit dengan hasil pemilihan.

Polisi pun berupaya untuk menghadang. Namun masa aksi makin beringas, lemparan demi lemparan diarahkan kepada anggota pengamanan. Bahkan ada yang menendang brikade pengamanan. “Ayo maju. Jangan takut. Kita mau membela kebenaran saudara-saudara,” kata para orator.

Anggota Polri yang berupaya mengamankan jalannya aksi, berupaya untuk membubarkan mereka. Beberapa oknum yang diduga sebagai otak dari pelaksanaan demonstrasi kemudian diamankan oleh anggota yang mempergunakan pakaian safari.

Anggota pengamanan yang dibeck up langsung oleh anggota Brimob Polda Gorontalo akhirnya bisa memukul mundur massa aksi demontrasi. Tak hanya itu saja, beberapa anggota yang menggunakan motor, kemudian melakukan patroli untuk melakukan patroli.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Yan Budi Jaya,SIK melalui Kompol Indra Dalimunthe didampingi Kasubbag Bin Ops Iptu A. Waritz Bahesti mengatakan, ada kurang lebih seribu personil yang disiagakan untuk melakukan pengamanan Pilwako dan kini pihaknya pula sudah mengamankan sejumlah masyarakat yang diduga sebagai otak dari pelaksanaan demontrasi.

“Sudah kami amankan beberapa orang oknum yang diduga sebagai otak dari pelaksanaan demonstrasi. Alhamdulillah dalam aksi ini tidak ada korban jiwa, meski pun ada beberapa anggota yang terkena lemparan,” terangnya.

Ditambahkan pula, aksi kali ini merupakan pra simulasi untuk pengamanan Pilwako 2018. “Rencananya besok (Hari ini,red) pelaksanaan simulasi akan dilakukan secara maksimal dan untuk jalur simpang empat bundaran HI akan ditutup sementara guna pelaksanaan simulasi nanti,” pungkasnya. (kif/hg)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar