Utamakan Kualitatif, Biddokkes Polda Gorontalo Berkomitmen Dapatkan Casis Polri yang Sehat

×

Utamakan Kualitatif, Biddokkes Polda Gorontalo Berkomitmen Dapatkan Casis Polri yang Sehat

Sebarkan artikel ini
Suasana pemeriksaan kesehatan (rikes) terhadap casis Bintara Polri yang berlangsung di gedung Biddokkes Polda Gorontalo, Kamis (04/05/2023). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dengan mengutamakan prosedur yang kualitatif, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Gorontalo berkomitmen mendapatkan kondisi calon siswa (casis) Bintara Polri yang sehat, agar terhindar dari masalah dalam melaksanakan tugasnya dikemudian hari.

badan keuangan

Hal itu diungkapkan Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M melalui Kabiddokkes, Kombes Pol. drg. Mochamad Toto Sugiharto, Sp.BM., M.A.R.S., ketika diwawancarai Wartawan media ini, disela kegiatan pemeriksaan kesehatan (rikes) terhadap casis Bintara Polri, yang berlangsung di gedung Biddokkes pada Kamis (04/05/2023).

“Jadi kita melakukan prosedur dengan mengutamakan kualitatif, karena berharap mudah-mudahan mendapatkan sosok calon anggota polisi bintara, utamanya yang kondisinya sehat, fisiknya tidak ada cacat. Ya minimal memenuhi untuk melaksanakan tugasnya agar jangan ada masalah dikemudian hari,” ungkap Kombes Pol. drg. Mochamad Toto Sugiharto, Sp.BM., M.A.R.S.

badan keuangan

Lebih lanjut Kabid Dokkes juga menyampaikan bahwa pada tahun ini, pihaknya akan melakukan rikes terhadap 900 orang casis, yang rencananya akan berlangsung selama lima sampai tujuh hari kedepan.

“Rencana kami, setiap hari akan melakukan rikes terhadap 150 orang casis. Keseluruhan ada sekitar 900. Mudah-mudahan cepat selesai dan langsung diumumkan,” lanjut Kombes Pol. drg. Mochamad Toto Sugiharto, Sp.BM., M.A.R.S.

Kabid Dokkes juga menuturkan, dimana setelah proses rikes, pihaknya akan melakukan pendalaman kepada casis yang ditemukan termasuk dalam kategori tidak memenuhi syarat. Nantinya yang masuk dalam kategori pendalaman tersebut akan kembali diperiksa dan hasilnya nanti akan dikirim ke Biro SDM.

Example 300250

“Nati yang gugur, kita akan sampaikan mengapa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat atau gugur. Itu kita akan sampaikan. Kami buka meja di depan,” tutur Kombes Pol. drg. Mochamad Toto Sugiharto, Sp.BM., M.A.R.S.

Ia juga menjelaskan, dimana bagi casis yang tidak memenuhi syarat atau kurang beruntung tahun ini, nantinya akan disarankan untuk berkonsultasi dengan panitia, dan diperkenan bertanya tentang alasan yang bersangkutan belum lulus.

“Sengaja kami buka pintu di situ, supaya kedepannya yang bersangkutan kalau masih berminat untuk masuk Polisi, akan diperbaiki, masalahnya apa yang membuat dia tidak lulus,” jelas Kombes Pol. drg. Mochamad Toto Sugiharto, Sp.BM., M.A.R.S.

Adapun proses rikes yang digelar sendiri meliputi tahapan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, telinga, gigi, mata, tensi, hingga tubuh bagian dalam, sesuai kategori atau prosedur yang berlaku.

Selain itu, proses rikes ini juga melibatkan pengawas baik dari internal Polda Gorontalo maupun eksternal. Untuk itu bagi casis yang memiliki niat untuk menjadi anggota Polri, disarankan agar dengan sungguh-sungguh mempersiapkan kondisi fisik baik luar maupun dalam.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo



hari kesaktian pancasila