Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wisata Religi Desa Bongo, Keindahan Yang Harus Dikembangkan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Jumat, 29 Oktober 2021 | 23:05 Tag: , ,
  Wamenag RI, Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si, memenuhi undangan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengunjungi Desa Wisata Religi, di Desa Bongo, Batudaa Pantai, Jumat (29/10/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bicara tentang destinasi wisata yang ada di Kabupaten Gorontalo, rasanya belum lengkap jika tidak memasukkan Desa Bongo dalam daftar kunjungan para wisatawan. Keindahan Masjid Kubah Emas yang ada di desa ini sayang untuk dilewatkan.

Desa yang berada di Kecamatan Batudaa Pantai ini memang menjadi  salah satu kawasan wisata andalan di Kabupaten Gorontalo. Keberadaan pesantren sebagai pusat pendidikan agama islam atau pesantren ditambah sejumlah wisata lainnya membuat lokasi tersebut menjadi satu paket komplit bagi para pengunjung.

Belum lagi dari sisi kearifan lokal yang ada di sana. Setiap tahun warga setempat selalu memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid nabi tersebut dirayakan secara besar-besaran sehingga menambah keramaian di kawasan wisata itu.

Keindahan wisata tersebut tidak hanya menarik wisatawan lokal. Wakil menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi dalam kunjunganya ke Gorontalo, juga menyempatkan diri ke wilayah itu. Dirinya mengaku kagum dengan semua potensi yang ada di desa itu.

“Ini paket wisata yang lengkap, di samping keindahan alamnya tetapi juga memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi dan juga memiliki nilai spiritual. Saya jadi tertarik dengan desa wisata ini,” kata Zainut Tauhid Sa’adi, dalam rilis yang dikeluarkan Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Jumat (29/10/2021). 

Menurutnya, Keindahan wisata religi yang ada di Desa Bongo itu harus dikembangkan. Zainut Tauhid Sa’adi menilai, segala keindahan yang ada di desa itu sangat potensial untuk menjadikan Desa Bongo sebagai wisata religi.

“Desa ini merupakan desa wisata yang sangat menarik dan harus dikembangkan, tidak hanya dinikmati oleh masyarakat sekitar Gorontalo tapi perlu diekspansikan, perlu dikembangkan, di perluas jaringannya agar bisa dinikmati oleh masyarakat di luar Gorontalo,” katanya. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 40 times, 1 visits today)

Komentar