Kota Gorontalo

Penilaian Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi, Kota Optimis Raih Juara

×

Penilaian Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi, Kota Optimis Raih Juara

Sebarkan artikel ini
Penilaian Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi, Kota Optimis Raih Juara
Suasana penilaian lomba PKK KB Kesehatan tingkat provinsi di Kelurahan Dulalowo, Kamis (22/2/2024). (Foto: Rendi Wardani Fathan/GORONTALO POST)

Hargo.co.id, GORONTALOPemerintah Kota Gorontalo optimis akan meraih juara satu pada penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Gorontalo.

Berita Terkait:  Gugatannya Dikabulkan MK, Marten Menjabat Walikota Hingga Juni 2024

badan keuangan

Rasa optimis itu ditegaskan Sekretaris Tim Penggerak (TP) PKK Kota Gorontalo, Yanti Hunowu, ketika diwawancarai usai mendampingi tim penilai lomba PKK KB Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (22/2/2024).

“Kami optimis. Harapan kami seperti itu, karena kami tiap mengikuti lomba pasti juara,” tandas Yanti.

Berita Terkait:  Petakan Potensi Permasalahan Stunting, DPPKBP3A Kota Gorontalo Gelar Rakor

badan keuangan

Masih kata dia, rasa optimis itu lahir karena pihaknya senantiasa melakukan pembinaan yang dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota.

Dalam lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana tingkat provinsi sendiri, ada empat kriteria yang menjadi penilaian. Yaitu, Bangga Kencana, pola hidup bersih sehat (PHBS), lingkungan bersih sehat (LBS) dan posyandu.

Berita Terkait:  Penyalahgunaan Narkoba di Kota Gorontalo Menurun

Khusus PKK Bangga Kencana Kesehatan, Kota Gorontalo diwakili oleh Kelurahan Dulalowo. Hal itu berdasarkan keputusan yang diambil atas hasil penilaian lomba PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Kota Gorontalo. Yang mana, Kelurahan Dulalowo keluar sebagai juara satu.

“Terkait dengan penilaian HKG PKK yang ke-52 tahun 2024, Kota Gorontalo sudah melaksanakan lomba berjenjang. Mulai dari kelurahan, kecamatan dan tingkat kota. Hasilnya Kelurahan Dulalowo meraih juara 1 PKK Bangga Kencana, sehingga berhak mewakili Kota Gorontalo di tingkat provinsi,” ungkap Yanti.
Berita Terkait:  Inflasi di Kota Gorontalo Turun Drastis

Diungkapkannya, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian pada lomba PKK Bangga Kencana Kesehatan. Yaitu, cakupan dari program PKK, Bangga Kencana Kesehatan atau Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana dan kesehatan.

PKK Bangga Kencana Kesehatan dulunya bernama PKK KB Kesehatan. Sehingga, dalam penilaian PKK Bangga Kencana tak lepas dari peran Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A). Bagaimana tidak, satu dari sekian kriteria penilaian adalah KB.

Berita Terkait:  Mulai Tahun Ini, Pemkot Gorontalo Bebaskan Pajak Kos-kosan

Nah, KB menjadi salah tugas dan tanggung jawab dari DPPKBP3A.

Tanggung jawab tersebut, setiap tahun dilaksanakan secara rutin melalui penguatan

dan peningkatan kapasitas kader KB yang ada di kecamatan hingga kelurahan.

Berita Terkait:  Kegiatan Mini Lokakarya, Cara DPPKBP3A Kota Gorontalo Evaluasi Penanganan Stunting

Terlebih, salah satu tugas penting KB adalah mencegah dan mempercepat penurunan angka stunting, yang merupakan isu strategis nasional dan mutlak untuk ditangani secara cepat dan tepat.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan 

Berita Terkait:  Banyak Lahirkan Lulusan Terbaik, Ryan Bangga dengan SpenduGo