Selasa, 6 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



3 Cara Menabung untuk Anggaran Pernikahan

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 14 November 2022 | 04:05 Tag: , , ,
  Ilustrasi menabung. (Foto: artisteer/iStockPhoto)

Hargo.co.id – Menggelar acara pernikahan memang tak harus mewah, tetapi merencanakan anggaran tetap menjadi hal yang perlu dipersiapkan. Salah satu metodenya dengan manabung hemat.

Menabung itu tentu harus dilakukan dengan strategi khusus. Jika masih bingung bagaimana memulainya, berikut ada 3 cara yang bisa dilakukan seperti dilansir dari GenPI.co (13/11). Yuk simak!

1. Siapkan Rekening Khusus Dana Nikah

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan.

Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan. Jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan karena akan tercampur.

Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan pada komitmen dan tujuan awal menabung.

2. Terapkan Gaya Pacaran Hemat

Tak hanya biaya makan dan transportasi saat kerja saja yang harus diperhatikan. Biaya berkencan dengan pasangan saat weekend pun harus diperhatikan, jangan sampai sudah berhemat di tengah minggu dan kembali menghabiskannya di akhir minggu.

Sebaiknya, Anda mulai membiasakan diri untuk menerapkan gaya pacaran yang hemat. Alih-alih menonton film di bioskop setiap minggu, kalian dapat menonton sambil bersantai di rumah.

3. Menabung dengan Investasi

Selain menabung dalam bentuk simpanan, ada baiknya jika kalian mulai berinvestasi. Anda dapat membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang, selain bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan. Sehingga Anda tidak bisa sesuka hati memakai uang tersebut.

Selain deposito, Anda juga bisa mencoba jenis investasi reksa dana, meskipun memiliki resiko yang lebih tinggi dari deposito, bunga yang ditawarkan oleh reksa dana lebih besar.

Selain bunga yang ditawarkan lebih tinggi, nominal yang diperlukan tidak sebesar deposito. Anda dapat berinvestasi dengan mulai dari Rp 10.000.(GenPI.co)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “Siapkan Anggaran Pernikahan Lewat 3 Cara Menabung Hemat“. Pada edisi Ahad, 13 November 2022.
(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar