Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



3 Dampak Buruk Sering Minum Sambil Berdiri, Hentikan Mulai Sekarang!

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 26 September 2022 | 10:05 Tag: , , , , ,
  Ilustrasi minum air sambil berdiri. Foto (ANTARA/HO - Joko Purnomo)

Hargo.co.id, JAKARTA – Setiap orang, barangkali pernah diingatkan oleh orang tuanya agar tidak minum air sambil berdiri. Tentu saja itu bukan tanpa alasan.

Karena minum sambil berdiri bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Sebab saat Anda berdiri tubuh dalam keadaan tegang dan bisa menyebabkan air mengalir dengan cepat ke dalam tubuh.

Hal yang bisa menyebabkan gangguan pada keseimbangan cairan yang ada. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir dari JPNN.com.

1. Risiko pada Paru-Paru

Bahaya minum sambil berdiri salah satunya bisa membuat nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh tidak mencapai hati dan saluran pencernaan.

Air yang diminum sambil berdiri juga masuk ke tubuh dengan cepat, mengganggu tingkat oksigen dan membahayakan fungsi jantung dan paru-paru Anda.

2. Merusak Fungsi Ginjal

Ginjal bekerja optimal dengan menyaring cairan yang masuk di sistem pencernaan, saat seseorang duduk.

Kebiasaan minum sambil berdiri membuat cairan masuk tanpa melewati penyaringan ke perut bagian bawah.

Hal ini menyebabkan kotoran air mengendap di kantung kemih, dan merusak fungsi ginjal. Kebiasaan itu bisa menyebabkan gangguan saluran kemih.

3. Gangguan Pencernaan

Saat seseorang minum sambil berdiri, air akan mengalir dengan kuat dan cepat melalui saluran makanan dan jatuh ke bagian perut bawah. Ini tentu saja berbahaya.

Hal itu karena saraf menjadi tegang, mengganggu keseimbangan cairan, meningkatkan racun, dan gangguan pencernaan.

Ahli kesehatan menyebutkan cara minum air yang benar adalah duduk dengan menjaga punggung tetap tegak.

Dengan cara itu, nutrisi bisa mencapai otak dan meningkatkan aktivitasnya. Selain itu, minum dengan cara duduk akan membuar pencernaan Anda membaik, dan menghindari kembung. (JPNN.com)

 

 

 

 

 

*) Artiel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Sering Minum Sambil Berdiri? Hentikan Mulai Sekarang! Ini 3 Dampak Buruknya“. Pada edisi Senin, 26 September 2022.
(Visited 55 times, 1 visits today)

Komentar