Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



650 Bibit Pohon Dibagikan Mahasiswa KKN Tematik di Desa Dunu

Oleh Admin Hargo , dalam Edukasi , pada Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:05 AM Tag: , ,
  Mahasiswa KKN Tematik, Desa Dunu bersama Pemerintah Desa, masyarakat dan Karang Taruna sukseskan program penghijauan guna mengurangi efek pemanasan global Senin (11/10/2021) (Foto istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Salah satu program mahasiswa KKN Tematik Universitas negeri Gorontalo (UNG) di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara (Gorut) yakni melakukan penghijauan lingkungan. Langkah yang diambil adalah membagikan bibit pohon pelindung kepada warga setempat. 

Mahasiswa KKN Tematik Desa Dunu mengusung tema ‘Lestarikan Lingkungan Desa Dunu dengan Gerakan Penghijauan Bersama KKN Tematik UNG 2021’. Tema ini menitikberatkan pada rehabilitasi pohon atau penanaman pohon.

Sebanyak 650 bibit diambil dari Persemaian Gorontalo yang terdiri dari Pohon Rambutan, Pohon Kayu Putih, Pohon Malahengo, Pohon Ketapang dan Pohon Mahoni. Bibit pohon tersebut akan dibagikan ke masyarakat untuk ditanam di tiga dusun yang ada di Desa Dunu.

Pembagian bibit ini merupakan satu diantara program dalam bidang lingkungan hidup yang bertujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global, memperindah lingkungan sekitar dan dapat dipanen pada waktunya.

“Program penghijauan ini akan dilakukan secara bertahap. Diawali dengan penghijauan ketiga dusun yakni Dusun Dunuke, Dusun Mutiara dan Dusun Molosipat. Ini diresmikan oleh Camat Monano, lalu diikuti dengan penghijauan Jalan Tani disertai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Gorontalo Utara,” kata Kepala Desa Dunu, Sirus A. Mangabai.

Kegiatan penghijauan, tentunya tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa UNG melalui kegiatan KKN. Tetapi juga melibatkan berbagai pihak seperti  perangkat desa , masyarakat desa dan juga pemuda yang direpresentasikan khususnya oleh para pemuda Karang Taruna Genius, Desa Dunu.

Meskipun kegiatan penghijauan dilakukan pada masa pandemi Covid-19, hal ini tidak menurunkan semangat dan jiwa gotong royong dari warga desa Dunu. Warga sangat antusias ikut serta dalam kegiatan penghijauan dan tentunya tetap  mematuhi protokol kesehatan yang ada. (***)

 

Penulis : Rita Setiawati

(Visited 73 times, 1 visits today)

Komentar