Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



7 Bakal Anggota KPU Provinsi Gugur

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 8 Maret 2018 | 11:51 Tag: ,
  

Hargo.co.id– Tahapan Seleksi Anggota KPU Provinsi Gorontalo memasuki babak baru. Kemarin (7/3), 5 bakal calon Anggota KPU dinyatakan gugur, usai mengikuti seleksi tes tertulis dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian Negara di Limboto Kabupaten Gorontalo.

Dimana dari 42 peserta, hanya 35 orang yang dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya. “Dari 42 peserta dan nilainya sudah diumumkan semua dari rangking 1 hingga 42. Dan 42, dan hanya 35 yang dinyatakan lulus dalam tes ini,” jelas Ketua tim seleksi KPU Provinsi Gorontalo Femmy Udoki.

Pelaksanaan tes dimulai pada pukul 09:30 WITA. Dimana para peserta dibagi atas 2 ruangan. Ada 120 soal yang harus dijawab 120 menit, yang 80 persen terkait dengan aturan pemilu, serta 20 persen sisanya terkait pengetahuan umum. Jalannya tes sangat ketat, dan transparan. Karena selain dilakukan dengan sistem komputer, pelaksanaan ujian juga dipantau dengan CCTV yang tersambung dengan monitor yang dapat dilihat panitia.

“Lokasi ini juga sangat reprenstatif untuk melakukan CAT, karena peserta sebelum masuk hanya bisa membawa KTP , dan dilengkapi pengacak sinyal di dalam, dan diperiksa dengan metal detektor, jadi tesnya lancar dan sangat transparan, pesertanya pun langsung melihat hasilnya tesnya. Sehingga nilai yang ditempelkan, sama dengan hasil yang mereka lihat di Komputer,” tambah Femmy Udoki

Usai tes tertulis akan dilanjutkan dengan psikologi tes pada tanggal 9 dan 10 Maret,. Tes ini rencananya akan digelar di Maqna Hotel Gorontalo. Dari tes ini akan dijaring lagi 30 peserta yang terbaik.“Mereka (30 peserta) itu yang akan mengikuti tes kesehatan, dan tes wawancara, dan akan dipilih 10 orang yang akan diajukan ke KPU RI,” terang Femy yang juga mantan Ketua KPU Bone Bolango.

Pada tes kesehatan ini ada 3 poin penting yang akan dilakukan, yakni tes kejiwaan, tes narkoba dan tes fisik. Tes ini rencananya akan dilaksanakan 19 Maret. Untuk tes ini, tim seleksi akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Aloei Saboe Gorontalo. (nat/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar