Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



91 Pejabat Pemprov Nonjob

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 3 Februari 2018 | 11:42 Tag: ,
  

Hargo.co.id– Mutasi besar-besaran yang dilakukan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis (2/2) berdampak pada 91 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Mereka tak lagi kebagian jabatan atau non job pada kabinet Pemprov. Jumlah itu terdiri dari 31 pejabat aministrator (eselon III) dan 60 pejabat pengawas (eselon IV).

Saat pelantikan yang berlangsung di gedung Belle Li Mbui, Kota Gorontalo hari itu, hanya ada beberapa pejabat (non job) saja yang hadir. Mereka memang tidak mendapat undangan pelantikan. “Yang tidak dapat undangan kalau bukan tetap, yah pasti mudung (nonjob),” ujar salah satu pejabat Pemprov saat berbincang dengan Gorontalo.

Benar saja, saat proses pelantikan, jabatan yang diemban sebelumnya oleh pejabat itu, sudah terisi oleh pejabat baru. Sementara itu, sebagian besar pejabat non job memang tidak datang ke lokasi pelantikan. Sejak sore hari, gedung belle Li Mbui hanya dipadati ratusan pejabat yang mendapat undangan pelantikan. Proses pengambilan sumpah oleh Gubernur pun berlangsung ba’da Magrib (2/2).

Selain ‘memarkir’ puluhan pejabat itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga memberikan promosi jabatan bagi 112 aparatur sipil negara (ASN). Mereka diberikan promosi eselon, seperti staf (pelaksana) mendapat promosi sebagai pejabat pengawas (eselon IV), dan pejabat pengawas menjadi pejabat administrator (eselon III). Jumlah yang mendapat promosi yakni 33 pejabat eselon III dan 79 pejabat eselon IV. Hingga kemarin, perbincangan di kalangan aparatur masih seputar pelantikan, termasuk membahas pejabat-pejabat yang non job. Beberapa pertanyaan muncul, yakni alasan Gubernur Rusli Habibie memarkir 91 pejabat tersebut.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, mutasi yang dilakukan berdasarkan kinerja para aparatur itu sendiri. Ia menapik bila ada yang mengkaitkan dengan persoalan politik atau persoalan yang tidak ada kaitanya dengan pemerintahan. Memang dua hari sebelum pelaksanaan pelantikan, Rusli Habibie sempat mengumpul seluruh pejabat eselon III dan eselon IV. Selain memberikan pembinaan.

Gubernur Rusli Habibie juga berkenalan langsung dengan mereka. “Ada yang hanya saya kenal nama, ada yang cuma kenal muka. Tapi sekarang sudah kenal semuanya,”ujarnya saat itu. Ia menekankan, jika penempatan pejabat dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan. Ia sempat menyoroti salah satu pejabat di Bappeda Provinsi Gorontalo yang berpendidikan dokter hewan (drh). Harusnya kata Rusli, penempatannya yang sesuai bertugas pada bidang peternakan.

Selain itu, untuk penempatan jabatan bendahara atau kepala tata usaha, ditekankanya harus berlatar belakang sarjana ekonomi. “Ini jadi perhatian juga, tolong untuk kasubag atau kepala seksi urusan tata usaha dan keuangan sebisa mungkin dipegang oleh pegawai dengan latar belakang pendidikan ekonomi. Syukur-syukur kalo dapat sarjana akuntansi,” pinta Rusli.

Hal itu dimaksudkan agar manajemen tata usaha di setiap OPD dapat berjalan baik. Terlebih menyangkut urusan pengelolaan keuangan dan pelaporannya. Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, dalam pembinaan seluruh pejabat yang baru dilantik, belangsung di Belle Li Mbui, Jumat (2/2) kemarin menekankan soal kinerja para aparatur. Ia mengingatkan jika ia bersama Gubernur Rusli Habibie akan mengevaluasi kinerja mereka lima bulan kedepan. Jika tidak sesuai, menurut Wagub, siap-siap untuk dimutasi atau bahkan ‘diparkir’.

“Setelah dilantik, segeralah bekerja dan tunjukkan kinerja bapak ibu. Jangan melawan atasan, harus saling asah, asih, dan asuh. Lima bulan ke depan akan kita evaluasi apa bapak ibu cocok dengan jabatannya,” terang Wagub Idris Rahim. Sementara itu, dari total ASN Pemprov yang lebih dari lima ribu orang, setiap tahunya terus menyusut, sebab ada yang pensiun dan pindah. Tahun ini, pegawai yang akan pensiun berjumlah 184 orang. Jumlah pegawai pensiun mempengaruhi formasi pengusulan CPNS jika memang Pemprov ingin mengusulkan penerimaan CPNS tahun ini. (tro/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar