Selasa, 6 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ahli Geobiologi Amerika Serikat Ungkap Kepunahan Massal Pertama di Bumi

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Minggu, 13 November 2022 | 04:05 Tag: , , , , ,
  

Hargo.co.id – Ahli geobiologi dari Amerika Serikat dalam sebuah studi baru ungkap peristiwa kepunahan massal pertama yang diketahui di Bumi.

Peristiwa itu terjadi 550 juta tahun yang lalu selama periode yang dikenal sebagai Ediacaran, menurut rincian studi yang diterbitkan oleh ScienceAlert itu

Studi ini dilakukan oleh Virginia Tech College of Science dan dipelopori oleh Scott Evans, seorang peneliti postdoctoral di Departemen Geosciences.

Para peneliti mengungkapkan kepunahan massal paling awal dari sekitar 80% hewan selama periode waktu ini.

“Ini termasuk hilangnya berbagai jenis hewan, namun, mereka yang tubuh dan perilakunya menunjukkan bahwa mereka bergantung pada sejumlah besar oksigen tampaknya sangat terpukul,” kata Evans.

Dia menambahkan bahwa peristiwa kepunahan dikendalikan oleh lingkungan, seperti semua kepunahan massal lainnya dalam catatan geologis.

Menurut Virginia Tech, karya Evans diterbitkan pada 7 November di Prosiding National Academy of Sciences, jurnal peer-review dari National Academy of Sciences.

Studi ini ditulis bersama oleh Shuhai Xiao, juga seorang profesor di Departemen Geosains.

Turut pula beberapa peneliti yang dipimpin oleh Mary Droser dari University of California, Departemen Ilmu Bumi dan Planet Riverside, di mana Evans memperoleh gelar master dan PhD.

“Perubahan lingkungan, seperti pemanasan global dan peristiwa deoksigenasi, dapat menyebabkan kepunahan besar-besaran hewan dan gangguan besar serta reorganisasi ekosistem,” kata Shuhai Xiao

Hal itu ditunjukkan berulang kali dalam studi sejarah Bumi, termasuk penelitian tentang kepunahan pertama yang didokumentasikan dalam catatan fosil.

“Dengan demikian, penelitian ini memberi tahu kita tentang dampak jangka panjang dari perubahan lingkungan saat ini pada biosfer,” jelas dia

Menurut Xiao, ada lima kepunahan massal yang diketahui yang menonjol dalam sejarah hewan.

Mereka adalah Kepunahan Ordovisium-Silur (440 juta tahun lalu), Kepunahan Devon akhir (370 juta tahun lalu), Kepunahan Permian-Triassic (250 juta tahun lalu), Kepunahan Trias-Jurassic (200 juta tahun lalu), dan Kepunahan Kapur-Paleogen (65 juta tahun lalu).

Evans dan rekan-rekannya mengumpulkan data tentang fosil langka dari jenis hewan yang lebih licin dari seluruh dunia yang berasal dari zaman Ediacaran.

Mereka menemukan bahwa perubahan mendadak dalam keanekaragaman hayati yang sebelumnya telah terdeteksi bukanlah hasil dari bias pengambilan sampel belaka.(GenPI.co)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “Ahli Geobiologi Menguak Kepunahan Massal Pertama di Bumi“. Pada edisi Sabtu, 12 November 2022.
(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar