ramadan2024

ramadan2024

Aktivitas Gunung Gamalama Menurun

×

Aktivitas Gunung Gamalama Menurun

Sebarkan artikel ini
Erupsi: Hari kedua, Gunung gamalama Ternate terus mengeluarkan debu vulkanik sepanjang hari kamis (4/8), sementara aktivitas penerbangan hingga kamis sore belum dibuka

Hargo.co.id TERNATE – Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Kota Ternate mencatat aktivitas gunung gamalama mulai cenderung menunjukkan penurunan.

hari kesaktian pancasila

Ini menyusul berkurangnya gempa tektonik yang terjadi di gunung dengan ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut (MDPL) tersebut. Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Martanto ditemui Malut Post (Gorontalo Post Grup)kemarin (4/8), mengatakan, sesuai hasil analisa tercatat, hanya terjadi satu kali hembusan.

”Sementara ini yang tercatat gempa tremor hembusan terjadi terus menerus dengan amplitudo 0,5-2 mm dengan durasi 31.18 detik. Sementara gempa tektonik hanya terjadi satu kali dengan amplitudo 4 mm, dan gempa hembusan satu kali dengan amplitudo 5 mm,” terangnya.

Example 300250

Dari data yang dicatat pos pemanatauan, kata Martanto, aktivitas Gunung Gamalama benar-benar menunjukan penurunan dibandingkan dengan Rabu (3/8) lalu. ”Kalau Rabu itu terjadi lima kali gempa tektonik dengan amplitudo 1,5-46 milimeter, gempa vulkanik satu kali dengan amplitudo 13 milimeter.

Sementara gempa tremor yang terekam terjadi sebanyak lima kali dengan amplitudo 1,5-6 milimeter. Sementara gempa hembusan terjadi sebanyak empat kali dengan amplitudo 1,5-7 milimeter. Sementara tadi (kemarin, red) sudah menurun,” ujar Martanto.

Meskipun sudah mulai menurun, lanjut Martanto, status gunung gamalama masih pada level II (Waspada). “Meskipun sudah penurunan, tetapi harus waspada. Sebab gunung ini masih saja aktif, dan terus menerus mengeluarkan asap maupun hembusan,” ujarnya.

Ramadhan 2024

Martanto juga mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di sekitar lereng gunung. “Masyarakat jangan mudah percaya dengan berbagai informasi mengenai perkembangan gunung gamalama, kecuali informasi resmi dari Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama dan pemkot.

Dan kepada pendaki gunung diharapkan untuk tidak melakukan aktivitas dan mendekati kawah gunung sekitar 1,5 kilometer,” pungkasnya.(tr-05/tr-03/jfr/hargo)



hari kesaktian pancasila