Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aktivitas Tambang Cemaskan Warga Ibarat dan Ilangata

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Thursday, 15 July 2021 | 16:05 PM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Sian Woloks dan Matran Lasunte saat menerima aduan masyarakat dari Desa Ilangata dan Ilangata Barat terkait aktivitas tambang rakyat di Desa Datahu. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Aktivitas tambang Desa Datahu, Kecamatan Anggrek membuat cemas warga di Desa Ilangata Barat (Ibarat) Ilangata. Kecemasannya itu lantas disampaikan ke DPRD Gorontalo Utara (Gorut).

“Saat ini masyarakat yang ada di Desa Ilangata dan Desa Ilangata Barat, merasa resah dengan aktivitas pertambangan yang ada di Desa Datahu. Mereka telah datang ke DPRD untuk menyampaikan keresahan tersebut,” kata Anggota DPRD Gorontalo Utara, Sian Woloks.

Yang menjadi dasar keresahan masyarakat dua desa tersebut terkait dengan pemanfaatan air yang digunakan oleh masyarakat. 

“Pasalnya air sungai yang digunakan oleh masyarakat Desa Ilangata dan Ilangata Barat tersebut berasal dari Desa Datahu tempat dimana ada aktivitas pertambangan rakyat,” kata Sian Woloks.

Menurut informasi yang disampaikan masyarakat, air yang berasal dari aktivitas pertambangan tersebut mengalir ke sungai. Air sungai tersebut mengalir terus ke dua desa yang ada dibawahnya yang kemudian oleh masyarakat yang dimanfaatkan untuk kepentingan baik pertanian maupun sebagai bahan dasar air bersih untuk dikonsumsi. 

“Inilah yang menjadi keresahan dari masyarakat, karena air tersebut dimanfaatkan untuk keperluan pertanian dan juga untuk dikonsumsi sebagai air bersih,” tegasnya.

Untuk itu, Sian Woloks menegaskan bahwa aduan masyarakat tersebut akan menjadi perhatian penting bagi pihaknya dan akan segera menindaklanjutinya. 

“Rencananya sebagai langkah awal, DPRD akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk membahas persoalan ini,” ujar Sian Woloks.

Namun untuk soal waktu, itu belum dapat dipastikan, namun dalam waktu dekat ini akan segera ditindak lanjuti. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar