Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Alsintan Salah Satu Sumber PAD, Perlu Dimaksimalkan 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 27 Oktober 2021 | 22:05 PM Tag: ,
  Ilustrasi. Salah satu contoh Alsintan yang dinilai dapat mengisi pundi-pundi PAD di Gorontalo Utara. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Salah satu yang dapat membantu mengisi pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Gorontalo Utara (Gorut) yakni Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Olehnya, Dinas Pertanian setempat melakukan penataan pengelolaan terhadap Alsintan yang ada di setiap kecamatan.

Ini sebagaimana yang diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Gorontalo Utara, Kisman Kuka saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/10/2021). Menurutnya, saat ini terus melakukan penataan terhadap Alsintan guna mengisi pundi-pundi PAD. 

“Langkah pertama dilakukan yakni mendata setiap Alsintan yang dikelolah oleh Birgade yang ada di setiap kecamatan. Salah satu sumber PAD itu dari pengelolaan Alsintan yang dikelolah oleh Brigade. Selama ini kondisinya seperti apa, kita bisa lihat,” kata Kisman Kuka.

Setoran dari pengelolaan Alsintan oleh Brigade itu sangat memprihatinkan, kata Kisman Kuka, untuk itu maka pihaknya mulai melakukan terobosan dengan mendata kembali Alsintan yang ada. 

“Semua kita lakukan secara bertahap, agar sumber PAD dari Alsintan ini masuk ke kas daerah,” tegasnya.

Diakui oleh Kisman Kuka, ini merupakan tugas yang cukup berat, namun demikian harus dilaksanakan demi daerah. 

“Sudah ada beberapa yang kita data dan kita alihkan operatornya, karena selama ini mereka tidak menyetor padahal keterangan dari para petani, setiap kali pemakaian mereka mengeluarkan biaya untuk membayar,” terangnya.

Namun pada kenyataannya dari hasil pembayaran para petani tersebut, tidak ada yang masuk ke kas. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 34 times, 1 visits today)

Komentar