Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Amukan Topan Winston, Fiji Darurat Sebulan

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 23 Februari 2016 | 11:44 Tag: , ,
  

Hargo.co.id SUVA – Topan Winston memang sudah beranjak dari Fiji. Tetapi, jejak badai super yang oleh sebagian warga dijuluki monster itu belum tentu bisa dihapus dalam waktu sepekan. Kemarin (22/2) foto udara menunjukkan parahnya kerusakan yang ditimbulkan badai berkecepatan maksimal 325 kilometer per jam tersebut.

”Foto-foto yang diambil dari wilayah terdampak badai benar-benar membuat hati menangis,” ungkap Osnat Lubrani, koordinator PBB untuk Fiji. Dia mengatakan, jika dilihat dari foto-foto tersebut, Fiji akan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Sebab, beberapa desa seperti lenyap terbawa badai.

Sebagian yang lain luluh-lantak dan rata dengan tanah. Winston, badai topan terkuat di belahan bumi selatan, menewaskan sedikitnya 21 orang saat melanda Fiji pada Sabtu malam lalu (20/2).

Jumlah korban tewas mungkin masih bisa bertambah. Sebab, warga dan aparat gabungan baru berani membersihkan lokasi terdampak mulai kemarin. Itu dilakukan setelah mereka yakin badai yang melintas dengan kecepatan rata-rata 220 kilometer per jam tersebut telah berlalu.

Selain itu, jaringan komunikasi di negara kepulauan itu baru tersambung kemarin. ”Saat ini, polisi sedang mengumpulkan informasi tentang jumlah korban.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar