Sabtu, 16 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Angka Kriminalitas di Boalemo Menurun, Ini Penjelasan Kapolres

Oleh Admin Hargo , dalam HumKam Kab. Boalemo , pada Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Kapolres Boalemo, AKBP Dadang Wijaya S.Ik.,MM. (Foto : Majid Rahman / HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Patut disyukuri bersama, bahwa angka kasus kriminalitas di Kabupaten Boalemo, menurun. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kapolres Boalemo AKBP Dadang Wijaya, SIK, MM, saat dikonfirmasi Hargo.co.id di ruang kerjanya, Rabu, (13/10/2021).

“Jadi, kalau melihat data angka perbandingan kriminalitas dengan 2020 sebelumnya, memang ada nilai penurunan,” kata AKBP Dadang Wijaya.

Ia menuturkan, pada 2020 lalu, jumlah data laporan kasus kriminal yang ditangani Polres Boalemo sebanyak 478 kasus. Dari jumlah tersebut katanya, sebanyak 203 kasus yang berhasil diselesaikan.

“Nah, kalau untuk laporan polisi terhitung sejak Januari 2021, hingga dengan Bulan oktober ini, ada sekitar 277 kasus. Dari jumlah ini yang diselesaikan ada sekitar 74 kasus, sedangkan sisanya masih sementara berproses,”paparnya.

Berdasarkan data perbandingan tersebut lanjut mantan Kasubdit Gakum Dirlantas Polda Gorontalo ini, maka bisa disimpulkan angka kriminalitas di Daerah Damai Bertasbih (Julukan Boalemo) menurun.

“Untuk strateginya, ya kita kan juga sampai dengan saat ini, gencar melakukan Patroli malam terkait dengan pencegahan Covid-19. Ada banyak kegiatan atau pola yang terus kita tingkatkan. Dan dalam berbagai kegiatan ini, misalnya kita menemukan ada kerumunan, atau bahkan ada Miras, langsung kita bubarkan. Untuk miras kita sita,”ujarnya.

Alumnus Akpol 2001 itu menambahkan, khususnya terkait dengan Miras, ia juga selalu menginstruksikan terhadap, seperti Sabhara dan Polsek Jajaran, untuk menindaklanjuti masalah peredarannya.

“Kemarin juga sudah ada beberapa lokasi yang kita datangi, kita temukan dan kita sita barangnya, lalu kita lakukan proses Tindak Pidana Ringan (Tipiring),”ungkapnya.

Kapolres Boalemo ini berharap kepada semua pihak, agar terus mendukung cipta kondisi yang lebih baik di wilayah hukum Polres Boalemo. Menurutnya, pemerintah juga selalu memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat.

“Bicara global kasus yang kita tangani ya memang menurun. Tapi kalau kita melihat dari itemnya. Contohnya kasus pencurian, itu justru mengalami peningkatan. Penyebabnya, bisa saja lantaran keteledoran dari pemilik barang, sehingganya ini juga harus saya ingatkan kepada semua pihak. Kemudian mengenai kasus cabul, itu juga terus kita lakukan koordinasi dengan para pihak terkait,” kuncinya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 145 times, 3 visits today)

Komentar