Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ansor Siap Perangi Ormas Anti Pancasila

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 25 April 2017 | 14:07 Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Eksistensi organisasi masyarakat (Ormas) berbau radikal sudah menyebar di daerah-daerah di Indonesia.

Diduga, di Gorontalo, eksistensi mereka pun mulai tumbuh subur. Fenomena ini mengundang reaksi keras dari berbagai organisasi kepemudaan berazas Pancasila, termasuk di antaranya datang dari Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Gorontalo.

Ketua PW GP Ansor Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengatakan, Ansor dengan tegas menyerukan penolakannya atas organisasi maupun gerakan-gerakan radikal lainnya yang anti Pancasila.

Menurut Fadliyanto kemunculan paham radikal ini sangat berbahaya bagi Indonesia, dan Gorontalo.

Sebab, selain bertentangan dengan cita-cita adi luhur para pendiri bangsa ini, gerakan pemahaman mereka pun berorientasi untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Olehnya, mereka perlu kita perangi bersama. Pemuda Ansor Gorontalo menolak tegas gerakan organisasi yang ingin mengganti idiologi negara dengan idiologi lain,” tegas Fadliyanto.

Fadliyanto menghimbau seluruh rakyat Gorontalo terutama para pemuda untuk tetap mempertahankan idiologi Pancasila sebagai dasar negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai semangat persatuan Nusantara.

Pancasila sudah teruji sebagai idiologi yang mampu menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia dan nilai-nilai substansi Islam sebagai dasar penerapan idiologi Pancasila itu sendiri.

“Kita tidak menolak Islam, akan tetapi Pancasila secara substansi tidak bertentangan dengan agama Islam.

Oleh karena itu, ketika terjadi pilihan antara Islam simbol dan Islam substansi, maka tidak ada alasan untuk lebih memilih Islam simbolis sebagai dasar negara,” pungkasnya.(tr-45/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar