ramadan2024

ramadan2024

Bank Mandiri Dirikan Cabang di Malaysia

×

Bank Mandiri Dirikan Cabang di Malaysia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi aktivitas di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Hargo.co.id – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengumumkan rencana pendirian kantor cabang penuh Bank Mandiri Berhad di Malaysia. Hal itu dilakukan setelah bank pelat merah tersebut mendapat lisensi Qualified ASEAN Bank (QAB).

hari kesaktian pancasila

Kantor cabang penuh itu mulai beroperasi pada akhir 2017. Mandiri merupakan bank pertama yang mendapat lisensi QAB. Dengan lisensi tersebut, bank badan usaha milik negara (BUMN) itu akan diperlakukan setara dengan bank-bank lokal yang beroperasi di Malaysia.

”Kami sangat menghargai otoritas perbankan Malaysia yang mendukung kehadiran bank dari Indonesia. Indonesia pun telah memperlakukan bank-bank Malaysia seperti milik sendiri,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad dalam keterangannya kemarin (6/7).

Example 300250

Ilustrasi aktivitas di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta.

Ilustrasi aktivitas di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Bank Mandiri Berhad bakal menjadi layanan perbankan penuh pertama bagi Bank Mandiri di luar wilayah Indonesia. Muliaman mengapresiasi langkah tersebut. Sebab, kerja sama itu dapat memperlihatkan prospek ekonomi dan perbankan di Asia Tenggara untuk lebih maju. Kemarin, Muliaman hadir di Kuala Lumpur bersama Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dan Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM) Dato Muhammad Ibrahim.

Ramadhan 2024

Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, kegiatan bisnis Indonesia telah tersebar di seluruh Asia Tenggara. Perkembangan positif tersebut merupakan salah satu poin yang mendorong perlunya Bank Mandiri hadir di Malaysia. ”Sebagai bank berlisensi QAB, kami akan beroperasi di Kuala Lumpur untuk mendukung kegiatan bisnis,” tutur pria yang kerap disapa Tiko itu.

Untuk membuka cabang penuh di Malaysia, Bank Mandiri menyiapkan modal MYR 300 juta atau Rp 932,7 miliar (kurs Rp 3.109 per MYR). Sejauh ini, injeksi yang dikeluarkan mencapai MYR 50 juta atau Rp 159,5 miliar.

Pada tahap awal ekspansi di Malaysia, Bank Mandiri mengoperasikan dua cabang yang melayani bisnis wholesale dan retail banking. (rin/c18/noe) 



hari kesaktian pancasila