ramadan2024

Bantuan Rp1,7 Miliar disalurkan bagi Pelaku Usaha di Gorontalo

×

Bantuan Rp1,7 Miliar disalurkan bagi Pelaku Usaha di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Hamka Hendra Noer saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada pelaku usaha di Provinsi Gorontalo, Jumat (18/11/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Badai pandemi covid-19 yang terjadi di tahun kemarin menyebabkan ekonomi di Provinsi Gorontalo melambat. Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah setempat untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi di daerah itu. 

badan keuangan

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menjelaskan, pihaknya menaruh perhatian serius untuk pertumbuhan ekonomi daerah. Pihaknya juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar pada APBD Perubahan 2022 yang sebagian anggarannya diperuntukkan bagi UMKM. 

“Kami tahu, kami pahami, kami merasakan bukan saja birokrasi yang berat pasca pandemi, tetapi juga bapak ibu sekalian pelaku UMKM,” kata Hamka Hendra Noer dalam sambutannya pada acara Temu Akbar Pelaku Usaha yang digelar di halaman kantor Diskumperindag, Jumat (18/11/2022).

Example 300250

“Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk melakukan kegiatan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat,” katanya menambahkan. 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para pelaku usaha dan perbankan tersebut, Hamka Hendra Noer juga menyalurkan bantuan bagi UKM dan IKM senilai Rp1,7 miliar. Sejumlah kegiatan seperti pameran produk UMKM dan IKM, diskusi kelompok anggota koperasi juga memeriahkan acara tersebut. 

Hamka Hendra Noer mengatakan, selain bantuan tersebut, pihaknya juga menyiapkan 21 kali pasar murah yang digelar secara bergilir di enam kabupaten dan kota. Sejumlah kebutuhan pokok yang rata-rata dijual setengah Harga tersebut untuk membantu masyarakat. 

Ramadhan 2024

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mendorong pelaku UMKM di bidang produk makanan untuk mengurus izin edar dan sertifikasi halal. Dirinya juga telah berkoordinasi dengan BPOM agar bersedia melakukan pendampingan untuk membantu pelaku usaha.

“Kalau UMKM tidak bergerak, maka tingkat kemiskinan semakin tinggi, bapak ibu sekalian makin terpuruk, kami pemerintah akan kesulitan. Oleh sebab itu kami gelontorkan dana yang besar untuk UMKM,” katanya menandaskan.(*) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis



hari kesaktian pancasila