Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Beri Layanan Terbaik kepada Publik, Kompolnas-Divisi Humas Polri Tingkatkan Sinergitas

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Jumat, 20 Januari 2023 | 00:05 Tag: , , , ,
  Suasana kunjungan Kompolnas RI KE kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Kamis (19/1/2023). (Foto: Humas Mabes Polri)

Hargo.co.id, JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI dipimpin oleh Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengunjungi kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Kamis (19/1/2023). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.

Benny Mamoto mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas berbagai hal terkait rencana program kerja Divisi Humas Polri ke depan, serta meninjau perkembangan Divisi Humas Polri dari aspek komunikasi publik, manajemen media, dan perkembangan teknologi.

banner 728x485

“Tujuan kedatangan kami yaitu untuk meningkatkan sinergitas yang ada. Dimana, dalam kunjungan ini dilaksanakan room tour pada seluruh biro yang ada di Divisi Humas Polri guna memperkenalkan berbagai inovasi yang dimiliki masing-masing fungsi pada Divisi Humas Polri,” kata Benny Mamoto.

Dirinya mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh Divisi Humas Polri dalam rangka merespons tuntutan publik yang mengharuskan untuk terus menyesuaikan dengan tuntutan zaman ini. Menurutnya, sinergitas antara Kompolnas dengan Divisi Humas Polri sangat diperlukan.

“Sinergitas yang terbangun selama ini memang sangatlah penting sebab dengan sinergitas antara Kompolnas dan Polri, maka kita bisa melayani dan merespons aduan masyarakat dalam penyampaian suatu informasi,” katanya menuturkan.

Ditempat yang sama, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengucapkan terima kasih atas dukungan Kompolnas selama ini. Menurutnya, dengan dukungan semua stakeholders yang ada, public trust terhadap Polri pada awal tahun 2023 meningkat.

“Alhamdulillah di awal tahun 2023 ini dengan berbagai macam kegiatan yang terus kami lakukan dan support yang luar biasa dari Kompolnas, public trust kita meningkat menjadi 69,35 persen,” kata Dedi Prasetyo.

Dirinya menuturkan, di tengah dinamika kehidupan sosial yang terjadi saat ini, Humas Polri harus mampu menyesuaikan dan beradaptasi. Berkaca pada tahun 2022, banyak isu-isu besar yang menerpa Polri, mulai dari kasus Ferdy Sambo hingga tragedi Kanjuruhan.

“Alhamdulilah dengan kerja keras dari mulai tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes kita satu irama terus mengamplifikasi seluruh kegiatan positif Polri sehingga kepercayaan publik kembali meningkat,” kata Dedi Prasetyo.

Dirinya menambahkan, salah satu langkah Humas Polri dalam menjalankan fungsinya adalah dengan membuat agenda setting dan komunikasi manajemen krisis. Hal ini mengacu apa yang terjadi pada tahun 2022. Apalagi, pada tahun 2023 sudah memasuki tahun politik, dimana belajar pada pemilu 2019 akan muncul banyak berita hoax di media sosial.

“Selain media online, kami juga menyentuh media sosial. Di tahun 2023 menjadi rujukan masyarakat juga karna ini tahun politik. Tingkat berita hoax meningkat pengalaman dari tahun 2019,” katanya menerangkan.

Adapun agenda setting terdekat yang akan dilakukan yakni persiapan operasi ketupat. Menurutnya, jika pelaksanaan operasi ketupat yang dilakukan Polri berhasil, maka tingkat kepercayaan publik akan meningkat. Dirinya menargetkan, public trust pada bulan Juli nanti bisa mencapai 70 persen.

“Kami juga terus membangun komunikasi dengan perusahaan media untuk membangun sinergitas antara Polri dengan media sehingga hubungan emosional dan networking kepada teman-teman media atau wartawan juga tetap dijaga dan dilakukan agar komunikasi bisa berjalan lancar,” dirinya menandaskan.(*)

Rilis: Humas Mabes Polri

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar