Minggu, 16 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bisnis Barang Bekas Menggiurkan, Pengusaha Untung Rp 6 Juta per Bulan

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Rabu, 24 Januari 2018 | 12:18 PM Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Usaha bisnis jual beli barang bekas yang mungkin sebagian besar orang tidak mau menekuninya, padahal usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang begitu menggiurkan.

Kadir Tobuhu (64) warga Wongkaditi Timur, Kota Tengah, Kota Gorontalo salah satunya. Terhitung sudah setahun ini Kadir menekuni bisnis jual beli barang bekas di jalan Hos Cokroaminoto Kota Gorontalo.

“Modal awalnya Rp 50 Juta yang saya peroleh dari hasil tabungan saya saat bekerja sebagai karyawan dari usaha seperti ini selama beberapa tahun, kemudian saya berniat untuk memulai bisnis sendiri dengan berbekal pengalaman,” jelas Kadir saat ditemui Gorontalo Post, kemarin, Selasa (23/1).

Bisnisnya ini dimulai dengan membeli barang bekas seperti kertas, kardus, besi, botol air mineral dan almunium dari warga yang datang. Untuk kertas, dia membayarnya sebesar Rp 2.000 per Kg. Kardus Rp 1.200 per Kg, almunium Rp 9.000 per Kg, besi Rp 2.500 per Kg, “Untuk setiap hari saya bisa membeli 2 Ton kertas yang sudah disusun dan diikat.

Untuk besi dan lainnya bervariasi kadang diatas 500 kg, kadang di bawah itu,” terang Kadir.

Setelah dirasa cukup, barang tersebut akan dikirim ke luar daerah, diantaranya adalah Surabaya. Disana, kata Kadir, sudah ada salah seorang rekan bisnisnya yang akan membeli barang-barang tersebut.

Setiap barang bekas yang dikirimnya, memiliki selisih antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per Kg. “Dari masing-masing jenis barang bekas yang saya kirim namun harga ini sewaktu-waktu bisa berubah,” kata Kadir.

Jika dihitung-hitung keuntungan bersih yang didapat Kadir berkisar Rp 5 Juta hingga Rp 6 Juta per bulan. “Untuk setahun 3 bulan ini transaksi keuangan tercatat keuntungan yang saya dapat sudah mencapai Rp 60 juta.

Saya berharap agar bisnis seperti ini bisa di ikuti oleh yang lain karena bisa mendatangkan keutungan yang lebih,” tandas Kadir.(tr 59/hg)

(Visited 57 times, 1 visits today)

Komentar