Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Boalemo Menyimpan Banyak Potensi Wisata 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Minggu, 25 September 2022 | 08:05 Tag: ,
  Suasana Objek Wisata Pantai Indah Bolihutuo. (Foto : Abdul Majid Rahman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Boalemo menyimpan banyak potensi wisata. Seperti wisata Desa, wisata bahari, wisata alam, dan wisata etnis. Salah satu yang cukup populer di Daerah ini adalah wisata bahari Pantai Indah Bolihutuo.

Anggota DPRD Boalemo, Mahmud Nurdin, menuturkan, Bolihutuo bisa diandalkan. Apalagi objek wisata yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata ini menjadi salah satu icon dan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurutnya, pengelolaan Bolihutuo harus terus dikembangkan. Bila perlu menggandeng pihak ketiga (Perusahaan) yang mau berkomitmen memajukan perekonomian. Namun, semuanya dikembalikan pada Pemda Boalemo.

“Menurut saya begitu, berhubung belakangan ini ekonomi kita kian sulit. Jika memungkinkan menggandeng pihak ketiga, tinggal bagaimana kolaborasinya ke depan,”tutur Mahmud Nurdin, menyatakan pendapatnya belum lama ini.

Sudah saatnya kata kader Hanura ini, melibatkan investor. Dinas Pariwisata selaku leading sektor, harus membuka diri. Dengan begitu, potensi yang dimiliki oleh Daerah, dapat bermanfaat untuk kemajuan dan kejayaan.

“Sebenarnya kita ini menyimpan banyak potensi wisata, coba jalan-jalan ke Paguyaman Pantai, Wonosari, Dulupi, dan Kecamatan lain. Di sana banyak spot yang bisa kita maksimalkan lagi pengelolaan dan promosinya,”ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Boalemo, Roswita Manto, berkata, dalam memajukan sektor pariwisata, dibutuhkan semangat, konsisten, dan kerja sama lintas sektor. Untuk Bolihutuo kekinian kata dia, butuh support anggaran.

“Kami pastikan promosi akan maksimal, jika itu didukung oleh sarana prasarana. Misalnya Bolihutuo, terus terang sejumlah fasilitas kita di objek wisata ini rusak, artinya butuh dukungan dana,”ujarnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya fokus menggenjot PAD. Untuk PAD yang bersumber dari Bolihutuo sendiri kata dia, mulai ada peningkatan walau pun tak seberapa. Ini kata dia, sedikit lebih baik dibandingkan dua tahun belakangan, akibat Pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah setiap Sabtu dan Ahad itu kami membuat acara di Bolihutuo, jadi pengunjung yang datang kan pastinya beli karcis, Rp 5.000 per orang. Hanya saja, sejumlah fasilitas di Bolihutuo mulai rusak,”Roswita Manto mengungkapkan.

Sejumlah fasilitas tersebut lanjutnya, seperti Cottage dan Waterboom. Untuk Cottage kata dia, seluruhnya sudah tak memenuhi syarat. Begitu pula Waterboom, luncurannya mulai berkarat yang dapat membahayakan pengunjung.

“Waterboom itu airnya bagus sekali, tiap saat kami bersihkan dan selalu disterilkan. Hanya wahana luncurannya sudah rusak dan berkarat. Jadi, membahayakan. Tentunya kondisi ini memprihatinkan,”kata Roswita Manto.

Entry poinnya kata dia, bicara promosi harus ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai. Namun hal ini kata Asisten Satu Setda Boalemo tersebut, menjadi PR bersama ke depan untuk pariwisata Boalemo yang lebih baik. (***) 

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 76 times, 1 visits today)

Komentar