Jumat, 28 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bone Bolango – UNG Hadirkan Edu-Geowisata Pertama di Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Bone Bolango , pada Jumat, 14 Januari 2022 | 19:05 PM Tag: , ,
  Penandatanganan Prasasti Desa Oluhuta sebagai Desa Edu-geowisata oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Kamis, (13/01/2022). (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah Bone Bolango berkolaborasi dengan Tim Program Holistik Pembinaan Pemberdayaan Desa (PHP2D) UKM Literasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menghadirkan Edu-Geowisata pertama di provinsi Gorontalo.

Konsep wisata alam Edu-Geowisata yang berada di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone ini dinilai akan menarik minat wisatawan karena menawarkan berbagai keindahan, keunikan, kelangkaan dan keajaiban suatu fenomena alam yang berkaitan erat dengan gejala-gejala geologi. 

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan, lokasi Desa Oluhuta yang berdekatan dengan Taman Laut Olele dan wisata Hiu Paus Botubarani menjadi satu paket komplit untuk menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung.

“Kita tentunya sangat bersyukur ya wisata desa Oluhuta ditetapkan sebagai desa Edu-Geowisata pertama di Gorontalo bahkan mungkin pertama di Indonesia,” kata Hamim Pou saat menghadiri launching desa Edu-Geowisata, Kamis (13/01/2021)

Lautan terangkat merupakan teras terumbu yang terbentuk karena proses laut dan proses tektonik lokasinya di Desa Oluhuta, Kabila Bone. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)
Lautan terangkat merupakan teras terumbu yang terbentuk karena proses laut dan proses tektonik lokasinya di Desa Oluhuta, Kabila Bone. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Dosen Pendamping Lapangan, Intan Noviantari Manyoe menjelaskan, Di lokasi tersebut UKM Literasi mengembangkan dua konsep wisata utama yakni situs manusia purba Oluhuta dan situs lautan terangkat. 

“Situs manusia purba Oluhuta itu adalah kerangka manusia Oluhuta yang berumur 700 tahun yang lalu. Kemudian situs lautan terangkat itu adalah teras terumbu yang terbentuk karena proses laut dan proses tektonik, dia terbentuk di laut dangkal lalu karena proses tektonik maka dia menjadi terangkat,” katanya. 

Dua situs ini dikembangkan berbasis Glamorous Camping Literasi dan mobile marketing. Glamorous Camping Literasi merupakan satu ruang informasi dimana di dalamnya memuat informasi-informasi tentang situs manusia purba Oluhuta dan situs lautan terangkat. 

Selain itu, Edu-Geowisata ini juga dipromosikan melalui mobile marketing dalam aplikasi yang bernama ‘Oluhuta Journey’ yang bisa diunduh di google playstore oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut.

“Semuanya berkonsep edukasi sesuai dengan basis dari UKM Literasi sendiri,” kata Intan Noviantari Manyoe. (***)

 

Penulis Rita Setiawati

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar