Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Buruan Hapus! 3 Aplikasi Ini Berbahaya, Bisa Curi Data Hingga Mengakses Rekening Bank

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Features , pada Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:05 PM Tag: , , ,
  Ilustrasi aplikasi berbahaya yang bisa kuras isi rekening bank. Foto: Phone Arena

Hargo.co.id – Firma sekuriti siber, Kaspersky kembali mengumumkan sejumlah aplikasi Android yang mengandung malware berbahaya.

Ada tiga aplikasi yang menurut Kaspersky memiliki kemampuan mencuri data pribadi pemilik hp Android dan akhirnya mengakses rekening bank.

Ketiga aplikasi tersebut masuk di kategori editing foto, yakni Magic Photo Lab – Photo Editor, Blender Photo Editor – Easy Photo Background Editor, dan Pix Photo Motion Edit 2021.

Kaspersky dalam hal ini sudah melaporkan ke Google dan ketiga aplikasi berbahaya itu kini sudah dihapus dari toko aplikasi Google Play Store.

Artinya, tiga aplikasi foto editor yang dimaksud sudah tidak lagi dapat ditemukan di Google Play Store.

Namun, apabila Anda sudah terlanjur mengunduh salah satu aplikasi di atas, disarankan untuk segera menghapusnya.

Menurut Kaspersky, tiga aplikasi berbahaya itu mencuri informasi kredensial korbannya lewat login Facebook, kemudian digunakan untuk mengakses rekening bank.

Opsi Login with Facebook memang kerap digunakan di sejumlah aplikasi dengan tujuan memudahkan pengguna agar tidak repot membuat akun baru lagi.

Google sendiri sudah banyak menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah disusupi malware berbahaya, salah satunya Trojan. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Buruan Hapus! 3 Aplikasi Berbahaya Ini Curi Data Hingga Mengakses Rekening Bank“. Pada edisi Ahad, 24 Oktober 2021.
(Visited 184 times, 1 visits today)

Komentar