Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



CPNS Diharapkan Mampu Memahami Core Values ASN

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 4 Juli 2022 | 22:05 Tag: , , , ,
  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat memberikan sambutan pada pembukaan Latsar CPNS Golongan II dan III Provinsi Gorontalo, di Kantor BPSDM Provinsi Gorontalo, Bone Bolango, Senin (4/7/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meminta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III peserta latihan dasar (Latsar) diharapkan dapat memahami nilai nilai positif yang harus dimiliki seorang ASN. 

Nilai nilai tersebut tercantum dalam core values ASN yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau yang disingkat dengan ‘Berahlak’. Nilai-nilai dasar ini akan menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional. 

Darda Daraba mengatakan, Branding core values BerAkhlak ini harus tertanam dalam jiwa setiap CPNS untuk menciptakan ASN yang berkinerja, berkembang dan memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat.

“Saya minta 7 komponen dalam BerAkhlak ini Pak Kaban harus dihafal oleh semua CPNS dan di resapi maknanya,” kata Darda Daraba saat membuka Latsar CPNS Golongan II dan III Provinsi Gorontalo, di Kantor BPSDM Provinsi Gorontalo, Bone Bolango, Senin (4/7/2022).

Dirinya berharap core values ASN yang baru ini diharapkan dapat memberikan semangat yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat atau dengan kata lain, harus menjadi ASN yang melayani bukan dilayani.

Darda Daraba juga berpesan kepada seluruh CPNS Angkatan 49, 50 dan 51 untuk memahami, mentaati, dan menjalankan tugas dan fungsi dengan meresapi serta mengamalkan ikrar Panca Prasetya Korpri sehingga Kode Etik Korps Korpri dapat ditegakkan secara arif, tepat, dan taat asas. 

“Nilai nilai dasar BerAkhlak dan Panca Prasetya Korpri tersebut harus diinternalisasikan dan dilaksanakan serta dimaknai dengan baik agar kalian menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang profesional,” Katanya menjelaskan. 

Untuk diketahui, Latsar CPNS Golongan III Angkatan XLIX dan L serta Golongan II dan III Angkatan LI Provinsi Gorontalo tahun 2022 diikuti 177 peserta dengan tiga gelombang. Gelombang pertama, dua angkatan utusan Bone Bolango dimulai pada 12 Juli hingga 11 Agustus 2022.

Selanjutnya, Utusan Gorontalo Utara masuk gelombang ke dua yang dimulai tanggal 3 Juli sampai 2 September 2022. Gelombang ke tiga dimulai tanggal 10 Juli hingga 8 September 2022 diikuti CPNS utusan Kota Gorontalo, Gorut dan Pemprov Gorontalo. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar