Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Deprov Gorontalo Upayakan APBD 2017 Tepat Waktu

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 7 Juni 2016 | 12:49 Tag:
  

Hargo.co.id PUNCAK BOTU – Prestasi pemerintah provinsi dalam hal pengelolaan keuangan patut mendapatkan acungan jempol.

Karena mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut. Seiring dengan itu, Deprov sangat berharap agar kinerja positif itu dapat berlanjut pada penyusunan APBD 2017.

“Pembahasan APBD 2017 harus dapat berjalan tepat waktu. Kan idealnya satu bulan sebelum berakhir tahun anggaran, APBD tahun berikut sudah ditetapkan. Kenapa tidak kalau itu bisa berlaku pada penyusunan APBD 2017,” harap Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Warsito Sumawiyono.

Dia mengatakan, saat rapat badan musyawarah (Banmus) membahas rencana induk kerja (RIK) DPRD, pihaknya telah berupaya untuk mengantisipasi terkait penyusunan APBD 2017.

Dimana sebelum melangkah pada tahapan itu, Deprov dan Pemprov diperhadapkan pada tanggung jawab untuk membahas perubahan APBD 2016.

“Pengajuan KUA-PPAS perubahan anggaran kita sudah jadwalkan 20 Juni. Dan 27 Juli dijadwalkan penandatanganan KUA-PPAS. Sehingga awal Juli perubahan APBD sudah bisa dilakukan,” jelasnya.

Menurut Warsito, bila pembahasan perubahan APBD 2016 bisa dikebut Juli. Maka pembahasan KUA-PPAS untuk APBD 2017 bisa dimulai Agustus.

“Jadi target pengesahan Desember bukan hal mustahil untuk bisa dicapai,” jelasnya.

Pembahasan anggaran yang berjalan dengan tepat waktu ini, menurut Warsito akan memberikan sejumlah keuntungan. Salah satunya mendapatkan reward dari pemerintah pusat berupa alokasi dan insentif.

“Kucuran anggaran ini tentu akan lebih memperkuat kapasitas fiskal kita,” jelasnya.

Manfaat lainnya adalah, berjalannya pelaksanaan proyek baik fisik maupun non fisik dengan tepat waktu. Sehingga dapat mengeliminir proyek-proyek yang tak selesai karena waktu pekerjaan yang mepet. “Dengan demikian ini akan mendorong penyerapan anggaran,” pungkasnya. (rmb/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar