Kab. Gorontalo

Dihadapan Wapres, Kepala Dikes Kabgor Paparkan Program Percepatan Penurunan Stunting

×

Dihadapan Wapres, Kepala Dikes Kabgor Paparkan Program Percepatan Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden Maruf Amin saat berbincang dan melihat langsung program penurunan stunting yang dijelaskan oleh Kadikes Kabupaten Gorontalo, Ismail Akase. (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden Maruf Amin saat berbincang dan melihat langsung program penurunan stunting yang dijelaskan oleh Kadikes Kabupaten Gorontalo, Ismail Akase. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Gorontalo, Ismail Akase memaparkan program percepatan penurunan stunting dihadapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang tengah melakukan kunjungan kerja di Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

Berita Terkait:  Berobat di Faskes Kabgor, Nelson: Cukup Tunjukkan KTP

badan keuangan

Dalam paparannya, penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo pada tahun 2019 berada pada angka 38,40 persen, kemudian turun menjadi 28,30 persen pada tahun 2021. Namun, kata Ismail, angka tersebut naik sebesar 2,5 persen menjadi 30,80 persen pada tahun 2022.

Hal ini, kata Ismail Akase, disebabkan karena Covid-19. Kendati demikian, kenaikan stunting ini pun terus ditekan dengan bebagai intervensi program. Diantaranya, dibentuk pos gizi dengan beberapa inovasi pada seluruh lintas sektor, seperti syiar germas atau ceramah kesehatan setiap hari Jumat dan Pekan Sayang Ibu dan Anak setiap minggu.

Berita Terkait:  Pemkab Gorontalo Terbaik dalam Penyaluran DAK Fisik

badan keuangan

Selain itu, Ismail Akase mengatakan, Dikes Kabupaten Gorontalo juga melibatkan dokter ahli untuk mendeteksi penurunan satunting termasuk gejala penyakit lainnya, serta memberikan makanan tambahan yang diolah oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo.

“Salah satu program PKK itu adalah satu kegiatan dasyat pemberian bantuan makanan

sumber protein hewani berupa pembagian secara gratis ikan segar kepada keluarga dengan balita stunting,” terangnya.

Berita Terkait:  May Day: Nelson Apresiasi Kontribusi Buruh Bangun Daerah

Selain itu, setiap OPD punya tanggung jawab masing-masing. Contohnya, bupati punya anak asuh dua kembar, pihak swasta juga ikut terlibat dengan memiliki anak asuh masing-masing.

Pada kunjungannya ke Gorontalo sendiri, Wapres Ma’ruf Amin juga menyerahkan penghargaan kepada 8 anak lulus tengkes

dan meninjau kegiatan posyandu yang meliputi penyuluhan masalah kesehatan dan

pemberian imunisasi oleh kader dan petugas kesehatan Puskemas Limboto kepada 30 balita di Kelurahan Kayubulan.

Berita Terkait:  Kembangkan Sektor Pariwisata, Pemkab Gorontalo Gelar Pelatihan Pengelolaan Home Stay

Kunjungan kerja ini memberikan harapan bahwa program penurunan prevalensi tengkes dapat terus ditingkatkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’aruf Amin Melihat langsung demo program dalam rangka penurunan stunting

Salah satu program PKK itu adalah satu kegiatan dasyat. Terlihat, Wapres Ma’aruf berbincang bincang dengan pengurus PKK Kabupaten Gorontalo dan ketua PKK Kelurahan Kayubulan.(*)  

Berita Terkait:  Nelson: Antusias Warga di Pemilu 2024 Sangat Baik

Penulis: Deice