Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diskominfotik Gorontalo Gelar FGD Jelang Launching Desa Digital

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:05 Tag: ,
  Kadis Kominfotik Masran Rauf didampingi Kepala Biro Hukum Ridwan Hemeto dan perwakilan Bappeda Provinsi Gorontalo, saat menjadi pembicara pada Focus Group Discussion (FGD), Kamis (20/01/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di salah satu rumah makan yang ada di Kota Gorontalo, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD), dalam rangka persiapan jelang launching desa digital di Provinsi Gorontalo, Kamis (20/01/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, selaku Kepala Dinas Kominfotik Masran Rauf menyampaikan, saat ini Diskominfotik tengah mengembangkan desa digital. Tujuannya adanya desa Digital diharapkan dapat memperlancar serta membangun komunikasi dan informasi antar desa sekaligus mengangkat semua potensi yang ada di Gorontalo. 

“Diharapkan juga untuk pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Desa Digital ini sebutannya adalah Gorontalo Digital, karena didalamnya tidak hanya ada desa tapi juga kelurahan digital. Dan kita sudah turun ke desa/kelurahan untuk menilai apakah layak dikembangkan jadi Gorontalo digital. Banyak hal yang kita nilai di sana, dan nanti yang terpilih akan dilaunching nanti pada April 2022,”ucap Masran Rauf. 

Lebih lanjut Masran Rauf mengungkapkan, saat ini pihaknya akan mulai menyusun masterplan beserta milestone go-digital, yang nanti akan ditampilkan pada launching desa digital. Kegiatan launching ini dipastikan akan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan di daerah. 

Sementara itu Bappeda Gorontalo yang selama ini dijadikan mitra oleh Diskominfotik mengaku mendukung penuh program desa digital. Kepala Bidang infrastruktur Bapppeda Provinsi Gorontalo Sulastri Husain menyampaikan Gorontalo Digital merupakan salah satu program yang sangat membantu untuk desa atau kelurahan, agar supaya lebih bisa mempromosikan potensi yang ada di desa. 

“Untuk lokasi desa memang kami sarankan karena ini baru ada beberapa desa yang ditinjau, untuk memilih desa – desa dalam lokasi kawasan strategis provinsi. Karena otomatis desa itu ada indikator-indikatornya dan dengan membangun desa tersebut, desa di sekitarnya juga akan ikut bergerak. Intinya kami dukung semua,”tutur Sulastri Husain. 

Kegiatan yang sejatinya dihadiri Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo itu, juga turut dihadiri Kepala Biro Hukum, serta perwakilan pejabat dan staf Kominfotik Provinsi Gorontalo.(***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 34 times, 1 visits today)

Komentar