Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Drainase Buruk, Kota Sering Digenangi Air

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Kamis, 4 Agustus 2016 | 12:52 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Genangan air di sejumlah titik di Kota Gorontalo sudah bukan hal yang asing di Kota Gorontalo.

Hujan sedikit saja, beberapa kawasan tergenang air hingga berhari-hari. Kondisi ini tak lain dipicu dampak dari sistem drainase atau saluran air yang buruk.

Padahal, tidak sedikit dana yang telah dikucurkan untuk penanganan drainase Kota Gorontalo. Saat ini, banyak drainase yang ada sudah tidak mampu menampung curah hujan.

Kondisi ini diperparah dengan banyak bangunan rumah dan gedung yang juga tidak memiliki drainase sehingga menciptakan permasalahan baru yakni banjir ditengah-tengah Kota Gorontalo.

Hal lainnya, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah yang benar juga menjadi masalah. Ini bisa dilihat dari tumpukan sampah yang menyumbat drainase. Seharusnya, seluruh aspek penataan mulai dari mikro hingga makro dapat bersinergi.

Rustam salah seorang warga Kota Gorontalo kepada awak koran ini mengatakan, banyak instalasi saluran drainase di Kota Gorontalo yang tidak berfungsi. Makanya hujan sebentar saja sebahagian jalan yang ada di Kota Gorontalo terendam banjir.

“Bukan pembangunan parit dan drainase yang dibutuhkan dan bukan suatu solusi, warga hanya meninginkan pengerukan drainase serta pembersihan sampah agar tidak terjadi banjir,” ucap Rustam.

Pria yang keseharianya sebagai pengemudi bentor ini berharap kepada pemerintah agar memperbaiki sistem drainase yang ada di Kota Gorontalo, agar mampu menampung besarnya debit air yang ada. Selain itu juga kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di drainase. (tr-53/rt/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar