Gorontalo

Dukcapil Permudah Pelayanan Pemilih Pindahan Jelang Pilkada 2024

×

Dukcapil Permudah Pelayanan Pemilih Pindahan Jelang Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Dukcapil Permudah Pelayanan Pemilih Pindahan Jelang Pilkada 2024
Ilustrasi Perekaman KTP Elektronik. (Foto: Dukcapil)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, terutama dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Berita Terkait:  Dukcapil PMD Optimis Seluruh Kabupaten Kota Sentuh Target Nasional Sebelum Pilkada

badan keuangan

Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data, Amran Pahrun menjelaskan, pihaknya telah mencatat sejumlah pemilih yang melakukan pindah domisili.

Hal tersebut, kata Amran, dilakukan agar penduduk pindahan bisa segera menyelesaikan dokumen kependudukan agar tidak bermasalah saat menghadapi Pilkada nanti.

Berita Terkait:  Samsat Gorontalo Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Panti Asuhan

badan keuangan

“Pelayanan untuk pemilih pindahan sudah dapat dilakukan, termasuk pembuatan KTP-el dan blangko biodata administrasi penduduk,” kata Amran, Selasa (15/10/2024).

Dirinya mengungkapkan, saat ini pihaknya juga tengah gencar melaksanakan aktivasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD, untuk mengantisipasi KTP Elektronik yang belum dicetak.

Berita Terkait:  Tursandi Alwi Hadir di Peringatan HUT ke-23 Provinsi Gorontalo

Lebih lanjut Amran juga menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi untuk memastikan pelayanan bagi pemilih pindahan dapat berjalan lancar dan transparan.

“Dengan adanya sinergi ini, Insyaallah pelayanan administrasi kependudukan bisa semakin mudah dan tidak ada kendala yang berarti, sehingga hak masyarakat dalam Pilkada 2024 juga meningkat,” tandasnya,” tandasnya.(*) 

Berita Terkait:  Penjagub Salat Ied di Lapangan Taruna Remaja

Penulis: Sucipto Mokodompis