Jumat, 28 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dukung Inklusi Keuangan, Ini yang Dilakukan LinkAja di Kabupaten Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Ragam , pada Kamis, 9 Desember 2021 | 22:05 PM Tag: , ,
  Direktur Operasi LinkAja, Widjayanto (kedua dari kiri) bersama Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo (ketiga dari kiri) usai penandatanganan MoU. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Langkah LinkAja dalam memperluas layanan digital di berbagai sektor seluruh penjuru nusantara terus dilakukan seiring pertumbuhan ekonomi global berangsur pulih dewasa ini. Melalui digitalisasi daerah, diharapkan dapat memberikan dampak positif percepatan inklusi keuangan. 

Saat ini, LinkAja secara resmi bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait Penyediaan Layanan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupaten Gorontalo. Artinya, LinkAja telah resmi menjadi uang elektronik yang melakukan digitalisasi pada ekosistem di wilayah Gorontalo dengan ruang lingkupnya yang meliputi sosialisasi dan penerapan elektronifikasi transaksi maupun kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pengembangan digitalisasi ekosistem di wilayah Kabupaten Gorontalo dalam lingkup pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan UMKM. Serta sosialisasi edukasi dan penerapan pembayaran pendapatan daerah yang meliputi pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah.

Menurut Direktur Operasi LinkAja, Widjayanto, kehadiran LinkAja di Kabupaten Gorontalo merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan akses layanan keuangan digital di seluruh Indonesia. Diharapkan kenyamanan dalam menggunakan LinkAja dapat menjadi pendorong kebiasaan masyarakat Kabupaten Gorontalo untuk semakin terbiasa bertransaksi secara nontunai, yang sangat diperlukan pada era pandemi saat ini. 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menunjukan aplikasi LinkAja. (Foto: Istimewa)
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menunjukan aplikasi LinkAja. (Foto: Istimewa)

“Kontribusi LinkAja sebagai uang elektronik nasional dapat menjadi solusi bagi berbagai kebutuhan harian, dengan memperluas akses pembayaran yang memudahkan kehidupan masyarakat Kabupaten Gorontalo sehari-hari,” kata Widjayanto.

Masih pada kesempatan yang sama, Widjayanto menambahkan, selain itu, LinkAja juga telah menghadirkan Layanan Syariah LinkAja yang merupakan layanan uang elektronik syariah pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Layanan Syariah LinkAja tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari, namun juga dilengkapi dengan fitur pembayaran islami yang lebih spesifik seperti untuk pembayaran zakat, infak, kurban, investasi syariah, hingga pendaftaran haji secara online.

Sementara itu, Bupati Gorontalo,  Nelson Pomalingo menyambut positif kerja sama strategis bersama LinkAja ini. Melalui kolaborasi jangka panjang ini, diharapkan dapat menjadi tren baru bagi warga Gorontalo untuk mengadopsi dan terbiasa melakukan pembayaran kebutuhan sehari-hari secara digital menggunakan LinkAja. 

“Selain itu, kami juga melihat melalui sinergi ini, diharapkan transaksi penerimaan daerah di Kabupaten Gorontalo akan semakin mudah beserta ekosistem pariwisata dan para UMKM dapat semakin berkembang. Hal ini tentunya dapat mewujudkan kualitas masyarakat Indonesia yang tinggi, maju, dan sejahtera, khususnya di Kabupaten Gorontalo,” kata Nelson Pomalingo.

Beberapa ekosistem yang sudah dapat menggunakan LinkAja di wilayah Kabupaten Gorontalo diantaranya, Gerai O Mart seluruh cabang di Gorontalo, pusat Belanja oleh oleh Pia Saronde Agus Salim, pusat kuliner Titik Temu Gorontalo, UMKM Harnida Craft, pembayaran ZISWAF di 30 masjid yang tersebar di Gorontalo dan merchant lainnya yang dapat mendukung kemudahan bertransaksi yang tersebar di Kabupaten Gorontalo.

Hingga saat ini, kemudahan akses transaksi, pengisian saldo, maupun tarik tunai telah dapat dilakukan di beberapa titik lokasi MILA (Mitra LinkAja), Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), ATM Link Himbara, dan jaringan ATM Bersama yang tersebar di Kabupaten Gorontalo. Dengan menggunakan LinkAja, masyarakat akan sangat dimudahkan dalam melakukan pembayaran kebutuhan esensialnya, seperti pembayaran listrik, BPJS, bahan bakar di SPBU Pertamina, pengiriman uang melalui nomor telepon dan antar rekening bank, pembayaran transportasi umum, donasi di rumah ibadah maupun kebutuhan esensial lainnya. (***)

 

Rilis: LinkAja

(Visited 61 times, 1 visits today)

Komentar