Minggu, 3 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Eks Pengikut Gafatar Diamankan dari Massa, Lalu….

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara News , pada Rabu, 20 Januari 2016 | 16:12 Tag: , ,
  

Namun tak hanya di Desa Moton, amuk massa juga terjadi di desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, dimana terdapat ratusan warga eks Gafatar. Usai melakukan aksinya di desa Moton, sebagian massa juga bergerak ke Desa Pasir. Tak jauh berbeda dengan Desa Moton, basecamp eks Gafatar di Desa Pasir juga mengalami nasib yang sama. Bahkan butuh ekstra kerja keras dari aparat untuk membawa anggota eks Gafatar keluar untuk dievakuasi.

Karena lokasi cukup jauh dari jalan Raya, sehingga memerlukan waktu dan penjagaan yang ekstra. Seluruh anggota eks Gafatar pun langsung dibawa menuju kota Mempawah menggunakan delapan kendaraan. Sesampainya di depan Mapolres sekitar pukul 18.30 WIB, kendaraan diberhentikan terlebih dahulu untuk dilakukan pendataan.

“Lokasi basecamp eks Gafatar sekitar satu kilometer dari Jalan Raya Desa Pasir, letaknya persis di tepian sungai Mempawah. Makanya kami agak kesulitan mengevakuasi warga eks Gafatar ini. Namun berkat kerjakeras kami dan aparat keamanan, mereka semua dengan selamat dapat dikeluarkan dari lokasi,” ungkap Wakil Bupati Mempawah,Gusti Ramlana, usai pelaksanaan evakuasi di Mapolres Mempawah, Selasa (19/1) malam.

Menurut Ramlana, kondisi di bascamp eks gafatar di Desa Pasir sama persis dengan apa yang terjadi di desa Moton, dimana seluruh bangunan dibakar massa. Namun sebelumnya upaya persuasif sudah dilakukan pihaknya untuk menenangkan massa. Namun massa yang jumlahnya ribuan dan dalam kondisi yang emosional, maka pihaknya hanya memfokuskan penyelamatan warga eks Gafatar.

“Yang penting tidak ada korban jiwa. Hanya tempat tinggal mereka yang dirusak dan dihancurkan warga. Saat ini mereka akan dievakuasi menuju Pontianak,”kata Ramlana. (jpg/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar