Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ekspedisi Sayap Bonawa: Lawalata IPB Jelajahi TNBNW

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 27 Juli 2018 | 12:00 PM Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Organisasi pecinta alam Institut Pertanian Bogor, Lawalata, kembali melaksanakan studi lapang anggota (SLA) bagi anggota muda. Tahun ini, SLA dilaksanakan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBW). SLA tersebut diberi nama Ekspedisi Sayap Bonawa.

Senin (23/7) lalu, rombongan ekspedisi yang berjumlah 17 orang ini telah tiba di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Selanjutnya dari Sulut, tim ekspedisi Sayap Bonawa akan bertolak menuju wilayah Bogani Nani.

Lebih kurang selama sebulan di wilayah TNBW, tim ekspedisi Sayap Bonawa akan mengkaji karakteristik lokasi peneluran Maleo Senkawor (Macrochephalon maleo). Termasuk mengkaji dan mengetahui potensi pakan di habitatnya.

“Tidak lupa juga, tim ekspedisi akan melakukan kegiatan wawancara ke masyarakat Desa Tulabolo dan Desa Pinogu yang terdapat di Gorontalo untuk mengetahui peran masyarakat terhadap kegiatan konservasi maleo,” ujar Adinda Egreina P, personel tim ekspedisi Sayap Bonawa dalam keterangan tertulis kepada Gorontalo Post, Kamis (27/7).

Menurut Adinda, kegiatan SLA ini diharapkan dapat memberi informasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai Maleo Senkawor yang berstatus endangered (terancam punah) menurut IUCN’s Red List serta mengenai konservasi maleo.

Kepanitiaan ekspedisi Sayap Bonawa ini terdiri Mhd.Andre Rofiansyah H (ketua pelaksana), Naily Fitrotun N (Koordinator SLA), Ahmad Juang S. (Pendamping tim SLA), Maida Faza K. (Sekretaris), Gabriel Ashari (Bendahara). Selanjutnya Divisi literatur Beibi Wydia H dan Dika Putri A. Divisi humas Ziadatunnisa Ilmi L. Divisi dana usaha Siti Nurjannah dan Siti Kholifah. Divisi sponsorship Adinda Egreina P. Divisi Transportasi Denny Dwi C. Divisi Alat Mohamad Rifandi A, Divisi Dokumentasi dan Publikasi Mohamad Nur Alief dan Lidia Faiza J. Divisi Proposal Saffana Noor Rofiq dan Divisi Konsumsi Dela Meisuda M

Ekspedisi Sayap Bonawa didukung Institut Pertanian Bogor, Lawalata IPB, Balai TNBNW, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, WCS (Wildlife Conservation Society) dan EPASS.(san/gp/hg)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar