Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Enggan Komentari Sirkuit, Keluarga Alm. Royn Polone Lapor Polisi

Oleh Admin Hargo , dalam Metropolis , pada Kamis, 17 Maret 2022 | 10:05 Tag: , ,
  Anggita DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Tindakan sportif dilakukan oleh pihak keluarga Royn Polone di tengah perbincangan publik terkait layak tidaknya sirkuit sang profesor sebagai tempat pelaksanaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Balap Motor Bupati Gorontalo Cup 2022.

Pihak keluarga Royn Polone enggan untuk tidak menanggapi hal tersebut dan lebih memilih mengambil langkah dengan melaporkan insiden yang menyebabkan pembalap berusia 22 tahun tersebut meninggal dunia pada 12 Maret 2022 ke pihak Kepolisian.

“Kami tidak mengomentari soal sirkuit, itu sudah ada lembaga IMI yang lebih Berkompeten terkait hal itu. Karena itu, kami memilih untuk mengadukan hal ini ke pihak Kepolisian,” kata Matran Lasunte, salah satu keluarga korban saat diwawancarai Hargo.co.id, Rabu (16/03/2022).

Dirinya menjelaskan, dari beberapa video yang beredar di media sosial, pihak keluarga melihat adanya dugaan tindakan tidak sportif yang sengaja dilakukan oleh salah satu pembalap. Merasa keberatan dengan hal tersebut, pihak keluarga kemudian mengadukan ke Polres Gorontalo pada Senin (14/03/2022).

“Kami pihak keluarga dari almarhum sudah melaporkan secara resmi terkait dengan ada dugaan yang sengaja dilakukan oleh salah satu pembalap. Itu kita dapat dari beredarnya video yang kita dapat dari medsos. Dan pihak keluarga setelah melihat itu merasa keberatan sehingga  merasa perlu melaporkan hal tersebut ke pihak Polres,” katanya memaparkan.

Matran Lasunte mengatakan, pihak keluarga mempercayakan penanganan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Dirinya berharap pihak Kepolisian bisa menghadirkan ahli untuk memeriksa terkait hal yang terdapat dalam video tersebut.

“Tentu saja keluarga tak ingin memvonis atau mengambil sikap sendiri. Kita menghargai hukum yang berlaku dan tentu saja yang berawal untuk melakukan penyelidikan hingga penyidikan adalah pihak kepolisian. Untuk itu mungkin keluarga akan sedikit bersabar menunggu proses yang dilakukan oleh pihak berwajib,” katanya menjelaskan.

Matran Lasunte yang juga merupakan Anggota DPRD Gorontalo Utara itu berharap, apa yang dilakukan pihak keluarga dapat menjadi contoh bagi seluruh pihak untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam melaksanakan pertandingan. Baik dalam arena balapan maupun di luar pertandingan.

“Yang terjadi sering kita bicara padahal kita tidak punya keahlian untuk itu. Keluarga sudah memberikan contoh dengan tidak memvonis siapa siapa, namun ketika terkait apa yang menimpa keluarga kami yang kehilangan nyawanya, kami menyerahkan semua kepada pihak yang berwenang,” katanya.

Saat ini, kasus tersebut sedang ditangani Polres Gorontalo. Kapolres Gorontalo AKBP Ahmad Pardomuan mengatakan, pihaknya akan menangani kasus tersebut untuk membuktikan apakah ada unsur pidana. Terutama terkait dugaan kesengajaan yang menyebabkan Insiden tersebut. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 248 times, 1 visits today)

Komentar