Kab. Bone Bolango

Genjot PBB-P2 Lewat Program Gertak

×

Genjot PBB-P2 Lewat Program Gertak

Sebarkan artikel ini
Program Gertak
Plt Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, saat memberikan arahan pada launching program Gertak, program inovasi Pemerintah Kecamatan Suwawa Selatan dalam rangka meningkatkan perolehan PBB-P2, Rabu (22/11/2023).

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kecamatan Suwawa Selatan punya cara tersendiri untuk meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Yaitu, melaksanakan program Gerakan Taat Pajak (Gertak).

Berita Terkait:  Bupati Merlan Ngantor di Desa, Warga: Harus Lanjutkan

badan keuangan

Rabu (22/11/2023), program ini resmi dilaunching oleh pelaksana tugas (Plt) Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, di Aula PKBM Desa Libungo, Kecamatan Suwawa Selatan.

Dalam sambutannya, Merlan S. Uloli memberikan apresiasi dan sangat mendukung

badan keuangan

program inovasi yang merupakan proyek perubahan dari Camat Suwawa Selatan,

Feilmy Cahyani Ismail yang merupakan jebolan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan III BKPSDM Provinsi Gorontalo tahun 2023.

Berita Terkait:  Merlan Mendadak Batalkan Agenda Lanjutan Luar Daerah, Balik ke Bone Bolango Langsung ke Lokasi Longsor

“Saya senang dan sangat mendukung inovasi perubahan ini. Karena pajak ini merupakan masalah kita bersama dan masalah yang kita hadapi untuk dicarikan solusi. Makanya dari awal saya sampaikan, inovasi ini tidak hanya sekadar kewajiban saja, tetapi ini harus dilaksanakan dan diaplikasikan,” harap orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu.

Merlan menilai, program yang diluncurkan Pemerintah Kecamatan Suwawa Selatan ini, bisa membantu pihaknya menambah pendapatan daerah dari PBB-P2. Terlebih, kata Merlan, tunggakan pajak di daerah paling Timur di Gorontalo ini, mencapai miliaran rupiah.

Berita Terkait:  Gelar Pasar Murah, Merlan Turun Tangan Layani Warga

“Saya berharap inovasi ini dapat diadopsi oleh semua kecamatan, jika kedepannya inovasi ini berjalan sukses. Oleh karena itu, ibu Camat Suwawa Selatan harus membuktikan bahwa inovasi Gertak yang menjadi gerakan perubahan ini bisa menjadi pilot project untuk bagaimana masyarakat taat pajak di Kabupaten Bone Bolango,” harap Merlan.

Sementara itu, Camat Suwawa Selatan, Feilmy Cahyani Ismail, menginginkan

inovasi perubahan optimalisasi penerimaan PBB-P2 di Kecamatan Suwawa Selatan melalui program Gertak itu,

bisa membuat masyarakat semakin taat membayar pajak tepat waktunya.

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Dinilai Represif Terhadap Pemberantasan Narkoba

“Dengan harapan PAD dari Kecamatan Suwawa Selatan akan meningkat, karena kita tahu bersama bahwa pajak itu akan kembali lagi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan, seperti halnya infrastruktur jembatan, jalan, dan fasilitas umumnya lainya, termasuk fasilitas kesehatan hingga pendidikan,” tandasnya.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan 

Berita Terkait:  Berikan Pelayanan Terbaik kepada Pasien, Pesan Sekda Ishak ke Saat Monev Kemenkes di RSUD Toto Kabila