Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Waspada Equinox Plus Elnino, Suhu Makin Panas

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 21 Maret 2016 | 10:06 Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Bagi masyarakat Gorontalo yang beraktivitas di luar gedung, sebaiknya menggunakan pelindung.

Seperti topi atau payung. Pasalnya, suhu udara di Gorontalo dalam beberapa hari kedepan akan terasa lebih panas.

Hal itu dikarenakan pengaruh fenomena Equinox. Yaitu fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali setahun. Yaitu pada 21 Maret dan 23 September.Khusus di wilayah Gorontalo, fenomena Equinox akan berlangsung hingga pertengahan April 2016.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Gorontalo Fathuri Syahbani mengatakan, fenomena Equinox bukanlah peristiwa yang langka. Sebab, setiap tahun terjadi dua kali yakni Maret dan September.

Durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

“Keberadaan fenomena Equinox ini sejatinya tidak membuat suhu panas secara drastis. Suhu tetap normal. Hanya saja saat ini secara umum wilayah Indonesia, termasuk Gorontalo terasa sangat panas, karena memang fenoma Elnino masih terus mempengaruhi,” jelas Fathuri.

Minggu (20/3), kata Fathuri, matahari berada di atas khatulistiwa dan telah bergerak ke wilayah utara. Gorontalo yang berada di wilayah utara tepatnya, pada 5 derajat Lintang Utara (LU) akan dilintasi fenema tersebut. Karena itu, titihingga pukul 15.55 wita.

“Esok (hari ini,red) hingga Selasa lusa (esok) matahari akan persis berada di atas kepala kita. Untuk membuktikannya coba ambil pensil lalu tancapkan ke tanah. Bayangan pensil tersebut seolah hilang karena berada tetap di bawah pensil tersebut,” jelasnya.

Dalam sejarah fenoma Equinox di Gorontalo pda tahun 1980an pernah membuat suhu mencapai 37 derajat celcius. Namun untuk kali ini hal tersebut tak akan terjadi.

Suhu masih akan berada di rata-rata rata-rata 34 derajat celcius. Suhu tersebut masih masuk kategori normal, namun perlu diwaspadai. Sebab, matahari sangat terik, sementara curah hujan tidak merata kerana masih dalam pengaruh Elnino tadi. Hujan baru akan merata pada April 2016.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar