Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hari Perdana Kerja, Belum Ada Pelayanan di SKPD Baru

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 4 Januari 2017 | 22:11 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id  – Aktifitas pelayanan umum (publik) di instansi pemerintah daerah di hari perdana masuk kerja Selasa (3/1) kemarin, belum berjalan maksimal.

Hal ini umumnya terjadi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru dibentuk hasil penyesuaian PP 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena baru dibentuk, SKPD itu masih sibuk menyiapkan sarana prasarana perkantoran.

Seperti pantauan Gorontalo Post (grup hargo.co.id) di Kabupaten Bonbol, beberapa SKPD baru sudah mulai menempati gedung baru.

Ada lima OPD baru yang kantornya bertukar tempat. Yakni Dinas Satpol yang berpidah tempat ke gedung baru di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 1 Suwawa, Dishub masih menempati kantor Dishub lama di Suwawa.

Sementara pecahannya yakni Dinas Pariwisata akan menempati kantor yang di lokasi wisata Lombongo. Untuk Dinas Pangan sendiri yang merupakan pecahan dinas Pertanian hingga kini kantornya belum jelas.

Sedangkan untuk Distan sendiri masih menempati kantor lama di Jl. Kopi No. 270, Desa Lioheluma Kabila. Dan Dinas Infokom menempati Eks. Kantor Satpol PP Jl. Prof. B.J. Habibie, Suwawa.

Sejumlah SKPD baru itu pada pekan ini masih akan fokus mengurusi pemisahan aset. Ini sebagaimana dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Sugondo Makmur.

“Jadi untuk pelaksanaan tugas-tugas Dinas Pariwisata baru akan efektif pekan depan. Karena saat ini kami masih dalam proses persiapan adiministrasi pemisahan aset. Selanjutnya aset-aset yang ada tinggal dibawa ke kantor baru yang rencanannya di lokasi wisata Lombongo,”kata Sugondo Makmur.

Sementara itu untuk OPD lain yang pejabatnya tinggal dikukuhkan Bupati Hamim Pou masih tetap menempati kantornnya masing-masing yang memang sudah ada sebelumnnya.

Menurut Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Bone Bolango Rizal Dzunaid, untuk OPD lain seperti Dikbud, Disdukcapil, Dispora, DPP, DPPKBPPPA, DLH, DKP, DPMPTSPTK, PU PR dan beberapa OPD lain masih tetap di kantor lama alias tidak ada perubahan tempat.

“Untuk OPD yang sudah menempati kantor lama sudah mulai menjalankan tugas mulai hari ini (kemarin,red). Dan untuk OPD yang akan pindah kantor itu belum efektif karena masih dalam tahap persiapan,”tandasnya.

Kondisi yang tidak jauh berbeda juga terlihat di sejumlah SKPD baru di Kabupaten Gorontalo seperti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang merupakan peleburan dari Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan.

Pada hari pertama kerja kemarin, para pegawai masih sibuk menata ruang kerja baru, mengangkat kursi-kursi dan melakukan penataan pada berkas penunjang lainnya.

Karena belum memiliki gedung kantor, Dinas ini baru menggunakan laboratorium hewan dan juga gedung Dharmawanita Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan.

“Hari ini kita memang fokus untuk menata tempat kerja. Karena baru jadi semuanya harus kita tata dari awal lagi,” ujar Sekertaris Dinas Peternakan dan Ketahanan Hewan, Hamid Kai.

Meski dengan kondisi ruang kerja yang masih sekedarnya, menurut Hamid hal tersebut tak akan mempengaruhi kinerja yang ada.

“Besok (hari ini) Insya Allah kita sudah mulai bekerja, semua yang ada disini akan kita maksimalkan,” tambahnya.

Ditempat berbeda, di Dinas Koperasi dan UMKM pemandangan sama terlihat. Sejumlah pegawai hanya melakukan pengaturan tempat duduk, dan sibuk mengangkat kursi, menata kembali dokumen yang ada.

Selain Dinas Peternakan dan Kesehatan, ada 11 Organisasi Tata Kerja (OTK) yang kantornya dipindahkan. Yaitu Dinas Kesehatan yang kini menempati gedung baru di jalan Abudi Ilahude No 103 Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar