Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hilangkan Sakit Maag Secara Alami Saat Puasa Dengan 5 Tips Ini

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 28 Juni 2016 | 14:23 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id INGGRIS – Saat berpuasa, kebanyakan orang justru abau dalam memerhatikan kondisi perut. Sahur dan berbuka yang tidak tepat menjadi sebab maag kambuh.

Maag bisa mengganggu aktivitas siapa saja, karena sakit di perut yang tak tertahankan. Alhasil, Anda harus membuat langkah pencegahan agar terhindar dari sakit maag. Berikut 5 langkah mudah mencegah sakit maag yang dilansir Thehealthsite, Minggu (26/62016):

banner 728x485

1. Minum air yang direbus
Penting untuk minum air yang direbus dan bersih saat sahur dan bebuka di bulan puasa, karena bakteri dapat menyebar melalui air yang terkontaminasi, sehingga memperburuk kondisi Anda. Selain itu, sangat penting untuk tetap terhidrasi, ingat diare dapat menyebabkan dehidrasi dalam beberapa kasus.

2. Sering cuci tangan
Saat maghrib tiba, usahakan jangan langsung makan, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air sabun. Hal ini untuk menghindarkan penularan bakteri yang dapat menyebabkan masalah sakit perut, termasuk maag.

3. Cuci sayuran mentah
Selalu membiasakan diri menerapkan kebiasaan sehat, termasuk untuk makan. Selalu membiasakan mencuci sayuran mentah atau buah dengan air keran sebelum dikonsumsi agar terhindari dari sakit maag.

4. Hindari pengobatan sembarangan
Sebagian besar obat penghilang rasa sakit, terutama mengandung aspirin dan NSAID diketahui dapat menyebabkan iritasi lambung. Untuk menangkal efek samping, minum obat penghilang rasa sakit hanya setelah makan. Selain itu, sering mengonsumsi dan memperpanjang antasida dapat menyebabkan radang perut. Karena itu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

5. Katakan tidak untuk alkohol
Minum alkohol tidak hanya memperlambat proses penyembuhan ketika menderita maag, tetapi juga kematian sel karena memicu dehidrasi. Sebaliknya, minum segelas air garam dapat menjadi obat alami sakit maag bagi penderita diabates, orangtua dan pasien hipertensi.

(Sikah/Pojoksatu/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar