ramadan2024

ramadan2024

Hiu Paus Heboh di Botubarani Jumlahnya 8 Ekor

×

Hiu Paus Heboh di Botubarani Jumlahnya 8 Ekor

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Hiu Paus di Gorontalo. (foto istimewa Wawan Iko)

Hargo.co.id GORONTALO – Sudah hampir sepekan. Warga Kecamatan Bone Pesisir, Kabupaten Bone Bolango dibuat heboh. Kemunculan hiu paus di wilayah perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango sontak membuat warga geger.

hari kesaktian pancasila

Menariknya bukan hanya seekor. Melainkan sebanyak 8 ekor, dengan panjang bervariasi 5-7 meter.

Keberadaan kawanan ikan yang memiliki bobot hingga 20 ton itu menjadi perhatian warga, lantaran lokasinya cukup dekat dengan bibir pantai. Hanya berjarak sekitar 50 meter.

Example 300250

Sehingga dengan menggunakan perahu dayung ataupun perahu katinting, para warga sudah bisa menyaksikan kemunculan ikan hiu paus. Apalagi ikan yang dalam bahasa Gorontalo disebut Munggiango Hulalo itu sangat jinak.

Saking banyaknya yang ingin menyaksikan ikan hiu paus, para warga/pengunjung harus antre untuk menyewa perahu.

Pantauan Gorontalo Post (grup hargo.co.idi), Jumat (8/4), bukan hanya warga lokal yang memadati bibir pantai Desa Botubarani. Warga dari kabupaten/kota lainnya, bahkan beberapa turis asing terlihat ikut antre perahu untuk menyaksikan langsung kemunculan hiu paus.

Ramadhan 2024

Adapun biaya sewa perahu sebesar Rp 50 ribu per orang. Satu perahu dibatasi hingga 4 orang. Rudi Husain, salah seorang warga setempat berharap, pemerintah dan penggiat lingkungan serta warga bersepakat mengelola kawasan tersebut.

Tujuannya agar pengunjung yang membeludak tidak berdampak negatif bagi keberadaan hiu paus.

“Sudah dua tahun terakhir terpantau. Kawanan hiu paus biasanya muncul saat nelayan setempat menyebar limbah udang ke laut. Limbah udang itu berasal dari sebuah pabrik pengolahan udang dan menghasilkan limbah berupa kepala dan kulit udang,”kata Rudi Husain. (roy/tr-53/san/hargo)    



hari kesaktian pancasila