Ilustrasi - Penyelenggaraan haji tahun 2023 tanpa batasan usia. (Istimewa)

Ibadah Haji Dilaksanakan Tanpa Batasan Usia, Kuota Indonesia 4.200 Jemaah

Kabar Nusantara

Hargo.co.id, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah tengah menyepakati kuota penyelenggaraan Haji 1444 H/2023 M.

“Saya telah menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah,” kata Yaqut dalam keterangannya di Jeddah, Senin 9 Januari 2023.

banner 728x485

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” imbuhnya.

Selain tentang kuota, Yaqut menambahkan, kesepakatan ini mengatur pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah.

“Kemudian, beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji,” ujarnya.

Yaqut juga memastikan, penyelenggaraan haji tahun ini tidak adanya pembatasan usia seperti saat pandemi, di mana usia jemaah haji 2022 mesti di bawah 65 tahun.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” terangnya.

Dalam pertemuan itu, Menag sempat melobi tambahan kuota haji bagi warga Indonesia. Pertimbangannya, antrean jemaah Haji Indonesia sangat panjang.

Menteri Tawfiq mengaku sangat senang untuk bisa memberikan tambahan kuota jemaah haji Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah negara penting bagi Saudi.

Namun, lanjut Tawfiq, saat ini negaranya tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

“Indonesia akan selalu mendapatkan prioritas dalam memperoleh kuota tambahan,” pungkasnya.

Kemenag Buka Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2023

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mulai membuka seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2023.

Pendaftaran dibuka bagi petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang. Untuk petugas kloter dan PPIH tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023,” tegas Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menurut Arsad, pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan. Peserta mendaftar melalui aplikasi Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji.

“Pusaka Super Apps Kemenag bisa didownload melalui iOS dan Playstore,” ujarnya.

Arsad menjelaskan, untuk petugas kloter, Kemenag membuka seleksi untuk dua formasi, yaitu ketua kloter dan petugas pembimbing ibadah haji kloter.

“Khusus untuk pembimbing ibadah haji, dipersyaratkan harus sudah berhaji dan memiliki sertifikat Pembimbing Manasik,” jelasnya.

Di sisi lain, Arsad juga mengingatkan, bahwa calon petugas, baik untuk formasi PPIH Kloter maupun Arab Saudi, harus mampu mengoperasikan Microsoft Office serta Aplikasi Pelaporan PPIH berbasis Android atau iOS.

“Di tahun 2023, tidak ada lagi petugas yang gagap teknologi, karena semua pelayanan petugas haji akan dilaporkan secara digital,” ujarnya.

Syarat Ikut Seleksi Petugas Kloter dan PPIH Arab Saudi 2023

Seleksi petugas kloter dan PPIH Arab Saudi terbuka untuk umum dengan syarat harus ada rekomendasi dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren.

“Sedangkan untuk PNS harus melampirkan surat tugas dari kementerian/lembaga,” terangnya.

Peserta yang lulus seleksi administrasi di tingkat kabupaten/kota akan diumumkan pada 14 Januari 2023.

“Mereka harus mengikuti ujian computer asested test (CAT) tingkat pertama di kabupaten/kota pada 17 Januari 2023,” jelasnya.

“Hasilnya akan diumumkan melalui website Kementerian Agama pada 18 Januari 2023. Peserta yang lolos seleksi di kabupaten/kota, berhak mengikuti seleksi CAT tingkat provinsi yang akan dilakukan pada 24 Januari 2023,” pungkasnya.(DISWAY.id)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di DISWAY.id, dengan judul: “Alhamdulillah! Ibadah Haji Tahun Ini Digelar Tanpa Batasan Usia, Kuota Indonesia 4.200 Jemaah“. Pada edisi Senin, 09 Januari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *