Minggu, 23 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Daftar Wilayah Waspada Tsunami di NTT

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 14 Desember 2021 | 19:05 PM Tag: , , , , ,
  Ilustrasi tsunami. (Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pemutakhiran data terkait peringatan dini tsunami dan gempa di Nusa Tenggara Timur.

dilansir dari laman resmi BMKG.go.id gempa terdeteksi di Marapokot dengan maginitudo 7,4 113 KM Barat Laut Larantuka, NTT.

BMKG menyebut gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer. Pada posisi 7,59 Lintang Selatan dan 122.24 Bujur Timur.

BMKG memerinci daerah yang berpotensi mengalami tsunami berdasarkan pemodelan adalah Flores-Timur bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka Bagian Utara, Pulau Lembata dengan status waspada.

Berdasarkan waktu pemutakhiran data 11.24 WIB maka pemerintah diminta untuk memperhatikan dan segera mengarahkan warga menjauhi pantau dan tepian sungai.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kupang Margiono sebelumnya menyatakan peristiwa itu berkaitan dengan gempa bumi yang dirasakan warga di Pulau Flores dan sekitarnya.

“Gempa bumi tersebut berpotensi memicu tsunami yang bisa melanda sejumlah wilayah di NTT maupun Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara,” ujarnya.

Margiono meminta warga di wilayah yang berpotensi terdampak tsunami agar meningkatkan kewaspadaan atau berpindah ke tempat yang lebih aman.

“Untuk menghindari ancaman tsunami,” ungkap Margiono. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul: “Update Gempa Terkini, Ini Daftar Wilayah Waspada Tsunami di NTT“. Pada edisi Selasa, 14 Desember 2021.
(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar