ramadan2024

Ini Dampak Melihat Gerhana Matahari Tanpa Pelindung Mata

×

Ini Dampak Melihat Gerhana Matahari Tanpa Pelindung Mata

Sebarkan artikel ini
Melihat Gerhana Matahari Dengan Kacamata Pelindung.

Hargo.co.id – Antusian Masyarakat yang ingin menyaksikan langsung fenomena alam berupa Gerhana Matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret nanti, kian meningkat.

badan keuangan

Momen langka yang jarang terjadi ini sudah ditunggu oleh masyarakat yang bukan hanya di Indonesia namun seluruh dunia ingin menyaksikan perubahan waktu saing menjadi gelap tersebut.

Namun dengan adanya momen ini masyarakat di ingatkan untuk berhati-hati melihat langsung Gerhana Matahari.

Example 300250

Salah satu Dokter spesialis mata,Rozalina Loebis SpM (K) menekankan pentingnya mengenakan pelindung mata ketika melihat gerhana matahari. Sebab, dampak yang ditimbulkan akibat memandang langsung sinar matahari ini cukup berbahaya yaitu bisa menimbulkan gangguan penglihatan. Mulai yang ringan seperti mata kabur sampai kebutaan permanen.

Kerusakan mata lantaran gerhana matahari tersebut disebut solar retinopathy atau solar eclipse retinopathy. Prosesnya, saat melihat gerhana matahari secara langsung, sinar ultraviolet tertuju ke bagian retina mata yang disebut fovea-makula. Sinar itu akan merusak jaringan di daerah tersebut. Penyebabnya, peningkatan suhu di daerah mata.

Rozalina juga menekankan bahwa jika terjadi resiko akibat gerhana ini sangat sulit untuk di sembuhkan.

Ramadhan 2024

”Obat penyakit ini tidak ada,” ujarnya.

Karena itu,pihaknya mengingatkan, pencegahan sangat penting untuk dilakukan. Caranya, memakai alat pelindung mata yang direkomendasikan NASA. Yakni, mengenakan kacamata hitam dengan filter welder no 14.

Sayangnya, kacamata itu hanya tersedia di Amerika Serikat. Di Indonesia, cukup sulit mendapatkan kacamata tersebut.

”Saya sudah mencoba mencari di optik-optik, tapi tidak ada,” imbuh Rozalina.

Meski begitu, ada pilihan lain. Yaitu, menggunakan filter matahari neutral density 5 (ND5). Jenis itu bisa dengan mudah ditemukan di optik.

Untuk kacamata yang dijual bebas di mal, sebaiknya tanyakan dulu kepada pedagangnya soal dipakai atau tidaknya filter jenis tersebut.

Rozalina menjelaskan, melihat gerhana matahari juga bisa menggunakan teleskop atau kamera. Syaratnya, tetap memakai solar filter yang memenuhi persyaratan tersebut.

Dengan alat perlindungan itu, fenomena langka gerhana matahari total bisa dilihat sampai selesai. ”Insya Allah aman karena alatnya sudah paten,” tutur alumnus University of Utah John A. Moran Eye Center tersebut. (lyn/nir/c14/any/flo/jpnn/hargo)



hari kesaktian pancasila