Selasa, 6 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Dia Deretan Manfaat Air Asam Jawa Campur Madu

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Sabtu, 19 November 2022 | 10:05 Tag: , ,
  Ilustrasi, Asam Jawa. (iStockPhoto/Prasenjit Kar)

Hargo.co.id, JAKARTA – ASAM jawa merupakan salah satu bumbu masakan yang biasanya digunakan untuk menambah kesegaran beberapa hidangan gurih.

Namun selain itu, asam jawa juga sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Salah satu khasiat asam jawa ini berfungsi untuk melarutkan lemak yang ada dalam tubuh.

Lemak tersebut akan dikeluarkan pada saat berkemih. Apalagi, asam jawa mengandung vitamin C, manfaat potasium, betakaroten, magnesium, manfaat zat besi, niacin, dan thiamin.

Untuk mendapatkan manfaatnya, asam jawa bisa diolah menjadi minuman asam jawa yang segar.

Caranya: Ambil 3 biji asam jawa, kemudian kocok asam jawa dalam gelas dan rendam dengan air panas 150 ml serta aduk perlahan

Campurkan madu secukupnya. Air rendaman asam jawa siap untuk dihidangkan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir dari JPNN.com.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat asam jawa campur madu yang bisa didapatkan karena antioksidan di dalamnya membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Pasalnya, antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan produk sampingan yang dibentuk oleh metabolisme tubuh normal dan dari faktor lingkungan seperti polutan.

Asam jawa juga mengandung polifenol, yang merupakan senyawa tanaman dengan sifat antioksidan kuat yang membantu mengurangi stres oksidatif.

Mungkin berpotensi menurunkan risiko kondisi tertentu seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan penyakit neurodegeneratif.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat asam jawa didapatkan karena kandungan vitamin B di dalamnya.

Vitamin B sangat penting untuk setiap aspek fungsi otak, termasuk sintesis dan perbaikan DNA/RNA, regulasi gen, serta sintesis berbagai molekul sinyal.

Menurut sebuah penelitian, peran aktif vitamin B dalam kesehatan otak ditunjukkan oleh kemampuannya untuk diangkut melintasi penghalang darah otak, dan melakukan sintesis neurokimiawi.

3. Meredakan Sembelit

Sudah sejak lama asam jawa digunakan untuk menjaga BAB tetap teratur dan mencegah sembelit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat bisa meningkatkan frekuensi feses bagi mereka yang mengalami sembelit.

4. Mengelola Diabetes

Bagi yang memiliki diabetes, konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Indeks glikemik adalah peringkat efek makanan berbasis karbohidrat terhadap gula darah setelah dikonsumsi.

Makanan dengan indeks glikemik peringkat rendah dicerna dan diserap perlahan serta diterjemahkan ke dalam fluktuasi gula darah yang lebih sedikit.

Asam jawa memiliki indeks glikemik rendah sehingga merupakan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam jawa mengandung 3 mineral yang bermanfaat untuk menjaga berfungsinya jantung Anda, termasuk pengelolaan tekanan darah.

Tiga mineral tersebut adalah kalsium, magnesium, dan kalium. Jantung memiliki kebutuhan magnesium tertinggi dari semua organ.

Jika jumlahnya tidak mencukupi, jantung tidak bisa berfungsi dengan baik.

6. Memutihkan Kulit Wajah

Penggunaan asam jawa untuk perawatan wajah juga bisa meningkatkan kecerahan dan warna kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah dan putih.

7. Mencegah Penuaan Dini

Asam jawa juga baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga Anda tampak awet muda.

Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C pada asam jawa yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang akan menyerang sel-sel tubuh.(JPNN.com)

 

 

 

 

*)Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “7 Manfaat Air Asam Jawa Campur Madu, Bikin Wajah Makin Glowing“. Pada edisi Sabtu, 19 November 2022.
(Visited 32 times, 1 visits today)

Komentar