Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Investor Butuh Kemudahan dari Pemerintah, Perbaikan Infrastruktur Juga Perlu Dilakukan

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Jumat, 2 Februari 2018 | 14:59 PM Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Sebagai daerah berkembang, Provinsi Gorontalo menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan para investor. Apalagi, Gorontalo memiliki banyak potensi. Misalnya untuk pertanian, yakni jagung, kepala dan padi yang seharusnya dapat langsung dikelola oleh investor menjadi produk siap pakai.

Untuk memudahkan investor masuk ke Gorontalo, menurut Rino Sadanur, Direktur National Support for Local Investment Climates (NSLIC), pemerintah harus dapat mempermudah regulasi yang ada.

“Untuk menciptakan iklim investasi yang baik di Provinsi Gorontalo harus ADA regulasi yang baik pula, dengan mempermudah regulasi tentunya dapat mengundang para investor untuk masuk ke Gorontalo,” katanya.

Selain itu, kondisi infrastruktur yang ada di Gorontalo juga harus diperhatikan. “Kita ingin ada peningkatan UMKM serta terbukanya lapangan pekerjaan di Gorontalo,” ujarnya dalam kegiatan publikasi hasil survei Business Development Service Provider (BDSP), Kamis (1/2).

Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki mengatakan, para pelaku usaha di Gorontalo perlu untuk dipetakkan untuk melihat mana yang masih memerlukan perhatian khusus.

“Dari hasil survei ini pemerintah dapat melakukan perbaikan terutama bentuk perizinan, sehingga pihak-pihak SKPD terkait yang ada di daerah agar bisa memudahkan para investor untuk mengurus perizinan, sehingga dapat mendorong meningkatnya kehidupan ekonomi yang lebih baik lagi,” jelas Budi.

Sebagaimana pantauan Gorontalo, dalam publikasi hasil survei itu, juga terungkap beberapa ponit menarik.

Diantaranya, kemiskinan di Gorontalo masih cukup tinggi, 34,65 penduduk bekerja di sektor pertanian, jumlah UMKM bersifat fluktuatif pada setiap tahunnya, rendahnya motivasi pelaku UMKM dan IKM, keterbatasan akses terhadap sumber modal serta keterbatasan akses pemasaran.(tr-59/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar