Senin, 15 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Jenderal Bintang Dua Turun Langsung Cek Lokasi

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 25 Juli 2022 | 04:05 Tag: , , ,
  Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.Foto: HO/JambiIndependent

Hargo.co.id, JAMBI – Proses autopsi ulang jenazah Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat dipastikan akan digelar di Jambi pada Rabu (27/7/2022) mendatang.

Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo pada Minggu (24/7/2022) langsung meninjau persiapan jelang autopsi ulang jenazah Brigadir J di RS Sungai Bahar, Muaro Jambi.

Kunjungan ini guna memastikan semua kebutuhan autopsi ulang dalam kasus polisi tembak polisi itu telah tersedia dengan baik. Di lokasi, Rachmad juga meninjau lokasi yang akan dilalui dan digunakan saat pengantaran jenazah.

“Saya sudah bertemu langsung dengan Kepala Rumah Sakit Sungai Bahar, dan mengecek seluruh lokasi dan persiapan ruangan sudah tersedia dengan baik,” kata Kapolda Jambi, didampingi Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto.

Rachmad berharap pelaksanaan autosi pada Rabu (27/7/2022) mendatang bisa berjalan dengan lancar. Menurutnya, personel pengamanan akan segera dipersiapkan. Termasuk lokasi untuk rekan media.

“Lokasi untuk rekan-rekan media juga telah kami persiapkan agar tidak menghalangi seluruh proses yang berjalan,” kata Rachmad dilansir dari JPNN.com.

Setelah melakukan pengecekan Kapolda Jambi beserta rombongan menuju rumah keluarga Brigadir J untuk bersilahturahmi dan menghadiri doa bersama dengan HBB.

Tampak hadir mendampingi Kapolda Jambi, Karo Ops, Dirreskrimum, Kabid Humas dan Karumkit RS Bhayangkara Jambi.

Untuk diketahui, Kuasa Hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengatakan bahwa autopsi ulang jenazah Brigadir J akan dilaksanakan pada Rabu (27/7/2022).

“Sudah dipastikan, jadwalnya hari Rabu 27 Juli 2022, pukul 10.00 WIB,” katanya pada Minggu, 24 Juli 2022.

Kamaruddin mengatakan pihaknya juga melakukan berbagai persiapan jelang autopsi ulang tersebut.

“Mulai dari tempat autopsi, tukang gali kubur, dokter forensik, pendeta, baju, pelaksanaannya di RS Sungai Bahar,” tambahnya.

Areal sekitar pemakaman Brigadir J juga telah dipasang garis polisi jelang pelaksanaan autopsi ulang pada Sabtu (23/7/2022) malam.

Personel Polsek Sungai Bahar memasang garis polisi ini pada pukul 17.30 WIB, nantinya warga yang ingin melihat proses ekshumasi atau penggalian ulang makam Brigadir J dilarang melewati garis polisi ini.

“Benar, garis polisi ini dipasang pihak Polsek Sungai Bahar sesudah kedatangan Tim Kuasa Hukum keluarga kemarin,” kata Pendeta Royanto, tokoh agama setempat pada Minggu (24/7/2022).

Selain pemasangan garis polisi, areal makam Brigadir J juga sudah dipasang tenda dan penerangan juga sudah ditambah.

“Kami juga terus melakukan penjagaan di sini sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Menjelang pelaksanaan autopsi ulang jenazah Brigadir J pada Rabu mendatang, Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo telah memerintahkan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Polda Jambi untuk melakukan pengecekan makam Brigadir J di Sungaibahar, Muarojambi pada Jumat (22/7/2022).

Karumkit RS Bhayangkara Polda Jambi Kombes Pol M El Yandiko mengatakan bahwa kedatangannya ke makam Brigadir J atas perintah langsung Kapolda Jambi.

“Kami ke sini dalam rangka mengecek lokasi makam atas perintah bapak Kapolda Jambi, saya juga diminta untuk membantu mempersiapkan dari Tim RSUD dan Tim Forensik,” katanya.

Dari keterangan Yandiko, kemungkinan besar proses autopsi ulang akan dilakukan di Rumah Sakit Sungai Bahar yang lokasinya tidak jauh dari makam Brigadir J.

“Hasil penilaian kami, kemungkinan besar autopsinya akan dilakukan di Rumah Sakit karena di sini (makam) kondisinya tidak memungkinkan, kami juga melihat faktor cuaca dan dekat dengan rumah warga,” ungkapnya. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Jelang Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Jenderal Bintang Dua Langsung Turun Cek Lokasi“. Pada edisi Ahad, 24 Juli 2022.
(Visited 39 times, 1 visits today)

Komentar