Jelang Imlek, Klenteng Mulai Ditata

×

Jelang Imlek, Klenteng Mulai Ditata

Sebarkan artikel ini
Salah satu petugas Klenteng yang berada di kota Gorontalo membersihkan bagian demi bagian sudut bangunan Klenteng Tulus Harapan. Rabu (27/1). (foto Jalal Khan/Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Warga Tionghua mulai melakukan penataan di tempat peribadatan (klenteng) guna menyambut perayaan Hari Imlek, awal Februari depan.

hari kesaktian pancasila

Ini seperti terlihat di Klenteng Harapan Tulus yang terletak di Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, Rabu,(27/1).

Pantauan Gorontalo Post, sejumlah warga Tionghua ini terlihat bersih-bersih mulai dari halaman, teras, hingga ruang peribadatan di dalam klenteng.

Example 300250

Mereka mulai mengecat dinding-dinding pagar klenteng, hingga bagian klenteng lainnya yang catnya sedikit terlihat memudar.

Selain itu, aneka perabotan dan ornamen peribadatan dibersihkan hingga terlihat mengkilap.

Ada lagi yang berikan cat keemasan. Sementara untuk bagian tembok diberikan warna merah. Sebagian warga lainnya terlihat bersih-bersih menyapu halaman.

hari kesaktian pancasila

Mereka terlihat begitu antusias melakukan kegiatan bersih-bersih ditempat ibadah mereka itu.

Saat diwawancarai awak media, mereka mengaku ingin memberikan persiapan terbaik dalam rangka menyambut perayaan Hari Imlek. Tahun baru imlek mengandung makna berarti bagi mereka.

Alit, salah satu penjaga Klenteng Tulus Harapan sudah 4 tahun bekerja menjaga klenteng. Selama masa itu ia mengaku, menjelang hari Imlek sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tionghua untuk membersihkan tempat ibadah.

“Ini baru bersih-bersih bangunan saja. Kegiatan demikian masih akan berlanjut. Kita masih akan membersihkan Arca, serta menggelar Barongsai,”ujar Alit yang terlihat serius membersihkan Hiolo (tempat bakar Dupa). (csr/hargo)



hari kesaktian pancasila