Kabar Nusantara

Kapolri: Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

×

Kapolri: Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

Sebarkan artikel ini
Pemilu Aman Damai
Kaops NCS 2023-2024 Irjen Asep Edi Suheri saat memberikan keterangannya.(Foto: Dok. Polri)

Hargo.co.id, MALANG – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengikuti Deklarasi Pemilu Aman dan Damai, Sabtu (21/10/2023).

badan keuangan

Ratusan orang dari OKP serta berbagai elemen masyarakat lainnya mengikuti Deklarasi yang digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur.

Jenderal Sigit mengapresiasi semangat komitmen pemilu damai dari para OKP dan tokoh masyarakat serta tokoh agama yang hadir di Lapangan Rampal.

badan keuangan

Kaops NCS 2023-2024 Irjen Asep Edi Suheri mengatakan, sebelumnya deklarasi itu dilakukan oleh para perwakilan Parpol di Lapangan Monas, Jakarta.

Kali ini, Deklarasi Pemilu Aman dan Damai dilakukan oleh OKP serta berbagai elemen masyarakat, baik dari pusat maupun daerah.

“Bapak Kapolri dan Panglima TNI meminta kegiatan deklarasi pemilu damai ini dilaksanakan di wilayah-wilayah,” kata Asep dalam keterangannya

Menurutnya, komitmen terkait pemilu damai ini harus dari yang dipilih dan yang memilih. Keduanya, kata Asep, juga harus memiliki semangat yang sama.

“Menjaga pemilu berjalan damai, meski masing-masing berbeda pendapat namun itu tidak menjadi masalah karena bagian dari demokrasi,” imbuhnya.

Kapolri, kata Irjen Asep Edi juga menginginkan Pemilu 2024 mendatang, masyarakat tidak terpecah belah, meski berbeda pendapat dan beda pilihan.

“Kematangan demokrasi kita kata Pak Kapolri bisa dilihat dari perbedaan pendapat dan pilihan tetapi tidak berdampak pecahnya persatuan dan kesatuan,” katanya.

“Karena itu semua harus menjaga pemilu berjalan dengan aman dan damai,” sambungnya.

Kaops menuturkan, Kapolri juga berharap pemilu 2024 berjalan aman dan damai serta menghasilkan pemimpin yang legitimate (sah) ini.

Juga bisa melanjutkan kepemimpinan untuk membawa Indonesia maju menuju Indonesia Emas 2045.

Sejumlah pihak juga turut hadir dalam pembacaaan ikrar pemilu damai ini.

Diantaranya Ketua FKUB Kiai A Hamid Syarif, Ketua MUI Jatim KH Moh Hasan Mutawakkil ‘Alallah dan Ketua Nahdlatul Ulama KH Marzuki Mustamar.

Berita Terkait:  Polri Jamin Piala Dunia U17 Berjalan Aman

Hadir pula Ketua PW Muhammadiyah Sukadiono, Ketua LDII Jatim Moch Amrodji Konawi dan Ketua Perguruan Silat Se-Jatim Supratomo.

Selanjutnya ada Ketua Serikat Buruh Se-Jatim Ahmad Fauzi dan Ketua KNPI Adv Urip Prayitno,

Juga hadir Ketua Cipayung Plus OKP dan BEM se-Jatim, Abdul Ghoni beserta 20 rekan lainnya dan Paguyuban Seniman Jatim Lusiati Fauzie.

Kemudian ada pula Forum Rektor se-Jatim, Prof Mohammad Nasih (Rektor Unair), asosiasi UMKM, Influencer dan konten kreator.(*)

Rilis: Humas Mabes Polri