Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Karang Taruna Boalemo Siap Action Tuntaskan PMKS

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Sabtu, 1 Januari 2022 | 06:05 AM Tag:
  Ketua Karang Taruna Kabupaten Boalemo, Noldy Biya. (Foto:Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Akhirnya pengurus Karang Taruna Kabupaten Boalemo, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Paradise, Kota Gorontalo pada 28-30 Desember 2021 itu, dihadiri dan dibuka oleh Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho. 

Ketua Karang Taruna Boalemo, Noldy Biya, menjelaskan, sebenarnya Rakerda tersebut, digelar pasca pelantikan 2019 lalu. Hanya saja terhalang lantaran pandemi Covid-19. Adapun Rakerda perdana tersebut katanya, tak lain guna menyusun program-program kerja organisasi. Alhasil, berbagai rekomendasi pun, telah lahir melalui momentum itu. 

“Kita pengurus juga melakukan penyesuaian-penyesuaian program yang dinilai tertinggal dua tahun terakhir. Apalagi, mengingat periodisasi kepengurusan kami yang akan berakhir pada 2024. Untuk rekomendasi itu, antara lain mengawal dan menuntaskan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),”ujarnya, kepada Hargo.co.id, Sabtu, (01/12/2021).

PMKS sendiri katanya, yaitu ada 25. Ini juga menurutnya tidak mungkin diambil semuanya. Namun, paling tidak satu atau dua yang dinilai paling menonjol di masyarakat, tetap ditindaklanjuti. Misalnya terkait Wanita Rawan Sosial  Ekonomi, atau Lanjut Usia (Lansia) terlantar.

Noldy Biya berkata, masalah-masalah PMKS tersebut, harus mendapat perhatian bersama. Khususnya oleh Karang Taruna itu sendiri, selaku mitra Pemerintah. Apalagi Lansia, terkadang sudah tidak mendapat perhatian lagi dari keluarga, atau bisa jadi lantaran anak-anak mereka sudah menikah dan sudah pergi jauh.

“Nanti untuk poin-poinnya lebih detail kita akan rapatkan lagi secara internal. Paling penting, Rakerda perdana ini sukses, sesuai tugas dan fungsi kita pengurus saat ini. Dan sebelumnya kita juga telah melakukan bagi-bagi masker dan vitamin di masing-masing Kecamatan. Hal itu dimaksudkan untuk membantu Pemerintah dalam menangani dan mencegah Virus Corona,”tuturnya.

Dikatakan Noldy Biya, memasuki tahun baru 2022 ini, pihaknya juga akan fokus melakukan penguatan struktur organisasi. Ke depan katanya, akan melaksanakan Temu Karya untuk semua pengurus di masing-masing Kecamatan. Mengingat rata-rata pengurus di Kecamatan saat ini, sudah habis masa periodenya. 

Noldy Biya menegaskan, apapun kegiatan Karang Taruna, pada intinya terdapat nilai-nilai sosial di sana. Ia pun optimis, minimal 80 persen dari hasil Rakerda, harus bisa dilaksanakan. Namun, di samping itu, ia menaruh harapan besar pula terhadap Pemerintah, agar tidak tutup mata. Sebaliknya, Pemerintah harus dapat memberikan dukungan dan support. 

“Apalagi kan jelas pembina umum untuk Karang Taruna Kabupaten itu, adalah Bupati. Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 25 Tahun 2019 mengamanatkan, Pemerintah wajib memberikan dana dampingan,” kuncinya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 103 times, 1 visits today)

Komentar