Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Karena Pakan Ayam, Harga Jual Ayam Jelang Ramadhan Diprediksi Naik

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 24 Mei 2016 | 15:26 Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Para peternak ayam nampaknya harus mengeluarkan modal lebih besar lagi dalam menjalankan usahanya. Pasalnya, saat ini, harga pakan ayam di Gorontalo telah mengalami kenaikan.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, Senin (23/5), harga pakan ayam yang sebelumnya dibanderol pada dikisaran Rp 390 ribuan per karung, saat ini dijual Rp 405 ribuan atau per karungnya mengalami kenaikan kurang lebih Rp 15 ribu.

Astriyana Nisilu, salah seorang penjual pakan ayam di Jalan Budi Utomo, Kota Gorontalo, mengatakan, harga pakan ayam sejak beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan.

Untuk harga eceran, Astriyana mengaku, menjualnya Rp 13 ribu per kilogram. “Dulu harga 1 kilogram pakan ayam saya jual dibawah dari harga yang sekarang, cuman karena sekarang saya beli dari perusahan harganya sudah naik, makanya sayu jual juga dengan harga yang terbilang cukup mahal,” ujarnya.

Astriyana menambahkan, saat ini, permintaan pakan ayam mengalami penurunan dibanding dengan tahun kemarin. Dimana tahun lalu, permintaan pakan ayam bisa mencapai 100 karung dalam sebulan, saat ini hanya ssekitar 50 karung saja atau menurun 50 persen.

“Sekarang kan banyak yang sudah dijadikan bahan pakan ayam, contohnya beras mili, konga, (alus padi), mungkin mereka sudah mulai kurangi pembelian pakannya. Belum lagi sekarang harga sudah terbilang mahal, sehingga pembeli kurang,” ujarnya.

Senada dengan Asriyana, salah seorang penjual pakan ayam di Jalan Samratulangi, Kota Gorontalo, juga mengatakan, meski harga pakan naik dan permintaan menurun, namun pasokan pakan ayam dari produsen masih lancar.

“Sejauh ini belum mengalami kendala dalam pendistribusian pakan ayam,” ujar pria berkulit sao matang yang enggan dikorankan namanya ini. Meningkatnya harga pakan ayam ini jelas diprediksi ikut mempengaruhi harga jual daging ayam di pasaran.

Apalagi jelang ramadan, harga ayam makin mahal. “Pakan tidak naik saja harga ayam biasanya naik jelang ramadan, apalagi naik begini,”ujar salah seorang warga di pasar sentral Kota Gorontalo, kemarin. (tr-51/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar